Kamis 17 Nov 2022 17:57 WIB

Ronaldo Sebut Pemain Muda Saat Ini Kurang Respek pada Senior

Ronaldo mengatakan bahwa bibit-bibit muda saat ini tidak sama dengan generasinya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Javier Etxezarreta
Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bintang Manchester United Cristiano Ronaldo mengklaim bahwa pemain muda dalam permainan modern saat ini kurang respek untuk mendengarkan nasihat dari seniornya.

Hal itu dikatakan pemenang Ballon d'Or lima kali dalam wawancaranya bersama Piers Morgan. Pemain berusia 37 tahun itu mengatakan bahwa bibit-bibit muda saat ini tidak sama dengan generasinya.

Hal itu mengacu pada bagaimana dia melihat dan bermain dengan pemain-pemain bintang seperti Ruud van Nistelrooy, Rio Ferdinand, Roy Keane dan Ryan Giggs selama mantra pertamanya di Old Trafford.

"Menurut saya mereka tak menghormati pemain yang lebih senior, tapi mereka hidup di era berbeda... mentalitasnya tak sama."

"Rasa laparnya beda. Menurut saya kehidupan mereka lebih mudah, segalanya mudah, mereka tak menderita - dan mereka tak peduli," kata Ronaldo dikutip dari Sportsmole, Kamis (17/11/2022).

"Di semua liga di dunia, pemain-pemain muda sekarang, tidak sama dengan generasi saya. Tapi kita tidak bisa menyalahkan mereka karena, itu bagian dari hidup, lho," ujarnya.

"Generasi baru dan teknologi baru yang mengalihkan perhatian mereka untuk hal lain, tetapi mereka tidak sama."

"Mereka mendengarkan tetapi itulah mengapa kita memiliki dua telinga, saat Anda mendengarkan dari kuping kanan lalu keluar dari kuping kiri," terang Ronaldo.

Menurutnya itu bukan hal mengejutkan. Tetapi ia tidak memungkiri bahwa itu adalah hal yang memalukan dan aneh, karena jika mereka memiliki contoh terbaik di depan mata, aneh rasanya jika tidak meniru apa yang dilakukan untuk bisa menjadi yang terbaik juga.

"Karena saya ingat ketika saya berusia 18, 19, 20, saya selalu melihat pemain terbaik di Van Nistelrooy, Ferdinand, Roy Keane, dan Giggs - inilah mengapa saya memiliki kesuksesan yang saya miliki dan umur panjang."

"Karena saya menjaga tubuh saya, mentalitas saya, kepala saya, karena saya melihat orang-orang ini dan saya belajar dari mereka," kata Ronaldo.

"Saya bukan tipe orang yang suka memberi nasihat karena saya lebih suka menjadi contoh. Karena saya adalah contoh."

"Saya ada di sana setiap pagi dan melakukan hal yang sama. Saya mungkin orang pertama yang datang dan yang terakhir keluar."

"Saya pikir detailnya berbicara dengan sendirinya ... inilah mengapa saya katakan, saya suka memimpin dengan memberi contoh," lanjutnya.

Ronaldo juga ditanya tentang pemain yang paling dia kagumi di Man United karena kekuatan mental mereka, dan dia memberikan pujian khusus untuk Diogo Dalot, Lisandro Martinez dan Casemiro.

"Di Manchester United saya bisa menyebut Dalot, dia masih muda, tapi sangat profesional dan saya tidak ragu dia akan berumur panjang di sepak bola karena dia muda, dia pintar, cerdas dan dia sangat profesional."

"Mungkin Martinez, Casemiro berusia 30-an, tapi saya akan mengatakan Dalot," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement