Senin 12 Dec 2022 13:08 WIB

Maguire Klaim Semua Pemain di Timnas Inggris Bakal Dukung Southgate

Selama lebih 5 atau 6 tahun ditangani Gareth, Anda bisa melihat perkembangan Inggris

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi Harry Maguire dari Inggris kepada para penggemar setelah memenangkan pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Inggris dan Senegal, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.
Foto: AP/Abbie Parr
Reaksi Harry Maguire dari Inggris kepada para penggemar setelah memenangkan pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Inggris dan Senegal, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bek tengah Timnas Inggris, Harry Maguire, menilai, setiap pemain The Three Lions bakal memberikan dukungan kepada Gareth Southgate untuk tetap menukangi Timnas Inggris.

Di bawah kendali Southgate, Timnas Inggris dinilai telah menunjukan perkembangan besar. Kabar pengunduran diri pelatih berusia 52 tahun itu mengemuka usai kegagalan The Three Lions melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Di babak perempat final, Inggris harus mengakui keunggulan juara bertahan, Prancis, 1-2, Ahad (11/12/2022) dini hari WIB. Maguire pun berharap, Southgate tidak meninggalkan kursi pelatih Timnas Inggris meski gagal membawa Inggris meraih kesuksesan di Piala Dunia 2022.

Bek tengah Manchester United itu bahkan cukup yakin, rekan-rekan setimnya di skuad The Three Lions memiliki pandangan serupa. ''Gareth (Southgate) benar-benar luar biasa untuk saya, dan kepada setiap pemain di tim ini.”

“Jika Anda bertanya kepada setiap pemain di tim ini, saya yakin, mereka akan memuji kemampuan dari Gareth. Tidak hanya soal kemampuan mengelola tim, tapi juga langkah yang diambil dalam membangun tim ini,'' ujar Maguire seperti dilansir The Independent, Senin (12/12/2022).

Bek tengah berusia 29 tahun itu kemudian merujuk berbagai capaian Southgate sejak ditunjuk menangani Timnas Inggris pada 2016 silam. Setelah mengantarkan The Three Lions menembus babak semifinal Piala Dunia 2018, pelatih berusia 52 tahun itu membawa Inggris tampil di partai puncak Piala Eropa 2020.

Kemampuan ini, ujar Maguire, tidak terlepas dari kemampuan Southgate untuk mengatasi tekanan sebagai pelatih Timnas Inggris. Begitu pula dengan keberanian mantan pelatih Middlesbrough itu dalam melakukan perubahan taktik dan startegi permainan The Three Lions di atas lapangan.

''Selama lebih lima atau enam tahun ditangani Gareth, Anda bisa melihat perkembangan tim ini. Saya tahu, menjadi pelatih Inggris adalah tugas berat. Anda harus mengambi keputusan penting, mulai dari pilihan pemain, hingga pilihan taktik. Dia tahu cara mengatasi tekanan ini,'' kata mantan bek tengah Leicester City tersebut.

Secara khusus, Southgate memang memiliki peran besar terhadap karier Maguire di Timnas Inggris. Saat sejumlah pihak menilai, Maguire tengah berada dalam tren penurunan performa dalam dua musim terakhir, Southgate tetap memberikan kepercayaan dan memanggil mantan bek tengah Hull City tersebut ke skuad The Three Lions di Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement