Rabu 14 Dec 2022 20:14 WIB

Liga 1: Persis Vs Barito Putera tanpa Pemenang

Persis bermain imbang tanpa gol kontra Barito Putera dalam lanjutan Liga 1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Persis Solo, Rodriguez berusaha mengambil bola dari pemain PS Barito Putera pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Rabu (14/12/2022). Pada pertandingan ini Persis Solo dipaksa berbagi poin dengan PS Barito Putera usai bermain imbang dengan skor 0-0.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Penyerang Persis Solo, Rodriguez berusaha mengambil bola dari pemain PS Barito Putera pada lanjutan pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Rabu (14/12/2022). Pada pertandingan ini Persis Solo dipaksa berbagi poin dengan PS Barito Putera usai bermain imbang dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persis Solo harus berbagi poin setelah bermain imbang melawan PS Barito Putera pada pekan ke-14 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (14/12/2022) sore WIB. Kedua tim kesulitan memberikan ancaman ke gawang lawan, skor bertahan 0-0 hingga waktu normal plus injury time berakhir. 

Persis tak beranjak dari posisi 12 dengan nilai 15. Sementara Barito masih berada di posisi dua terbawah klasemen dengan nilai tujuh.

Barito Putera lebih awal menggebrak pertahanan Persis Solo. Peluang pertama diciptakan pada menit kelima saat Barito mendapatkan hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Renan Alves menerima umpan di depan kotak penalti tapi ia melakukan pelanggaran dalam prosesnya.

Baca Juga

Dua menit berselang, Persis mendapat peluang untuk menembus pertahanan Barito. Namun umpan terobosan Messidoro kepada Fernando masih dapat dihentikan oleh Yuswanto. Sejauh ini belum ada ancaman ke gawang yang mampu diberikan oleh kedua tim. 

Pada menit ke-16, Persis mendapatkan peluang dari serangan balik cepat. Irfan Bachdim melakukan penetrasi dari sisi kiri kemudian melepaskan umpan ke tengah kotak penalti tapi terlalu melebar. Laskar Sambernyawa masih terus mempertahankan penguasaan bola dan mencoba membongkar pertahanan Barito tapi gagal.

Tiga menit berselang, Althaf menyia-nyiakan peluang saat mendapatkan bola di sisi kanan, tapi memilih untuk melepaskan umpan silang kepada Ryo Matsumura dari pada melepaskan tembakan langsung ke gawang. Persis kembali kehilangan momentum untuk memetik keunggulan. 

Gempuran serangan Laskar ANtasari berhasil menyulitkan Persis pada menit ke-33. Beberapa percobaan tembakan ke gawang berhasil diblokir di area pertahanan. Tapi tembakan terakhir dari jarak jauh oleh Luthfi Kamal meleset jauh di atas mistar gawang. Dua menit kemudian, tendangan bebas Rafael Silva masih meleset tipis di sisi kanan gawang. 

Kedua tim memiliki peluangnya masing-masing, peluang terbaik Barito dimiliki oleh Mike saat ia melakukan penetrasi ke kotak penalti Persis dari sisi kanan serangan. Ia berhasil melepaskan tembakan ke gawang tapi masih bisa ditepis oleh kiper. Tidak ada gol hingga turun minum skor bertahan 0-0.

Pada babak kedua Persis langsung memberikan inisiatif serangan ke area pertahanan Barito. Tenaga baru dari Samsul Arif di sisi kanan berhasil menambah daya gedor Persis. Samsul bahkan mengacak-acak sisi kanan Barito di menit ke-48 namun umpan tariknya ke tengah kotak penalti gagal disambut oleh pemain Persis.

 

Persis kembali memberikan ancaman di menit ke-57. Kali ini terjadi dari serangan balik cepat, dimana Irfan Bachdim mengejar umpan terobosan dan berhadapan dengan Renan. Renan dengan baik menahan upaya dari Irfan untuk memberikan umpan silang ke sisi kanan. Bola kemudian diamankan oleh kiper.

 

Sejurus kemudian, Ryo Matsumura hampir membawa Persis unggul saat menerima umpan tarik dari Irfan Bachdim. Namun sontekannya di tengah kotak penalti berhasil diblokir oleh bek Barito dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Persis terus menggempur pertahanan Barito tapi belum ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

 

Kedua tim mengalami kebuntuan untuk memaksimalkan setiap peluang menjadi gol. 90 menit berlalu tanpa ada gol yang diciptakan oleh kedua tim. Tambahan waktu 4 menit tidak cukup untuk memecah kebuntuan. Skor bertahan 0-0 hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement