Kamis 15 Dec 2022 20:14 WIB

Livescore Liga 1: Madura United Berikan Kekalahan Pertama Bagi PSM Makassar

Gol semata wayang Madura United diciptakan Lulinha pada injury time babak pertama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madura United mengamankan tiga poin dari kemenangan tipis 1-0 atas PSM Makassar pada pekan ke-15 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/12/2022) malam. Gol semata wayang Madura United diciptakan oleh Lulinha pada injury time babak pertama. 

Ini menjadi kekalahan pertama bagi PSM di kompetisi Liga 1 musim ini. Tambahan tiga poin membuat Madura United menyamakan poin milik PSM, yakni 29 poin. Mereka pun menggeser PSM dari peringkat ketiga klasemen sementara.

Baca Juga

PSM yang menguasai bola sejak awal mencoba menghadirkan ancaman ke pertahanan Madura United. Arfan melancarkan percobaan pertama ke gawang Madura United pada menit keempat, tapi upaya itu masih meleset dari sasaran.

Peluang pertama Madura United tercipta dari tendangan bebas pada menit ketujuh. Namun umpan ke muka gawang tim Juku Eja berhasil diamankan dengan baik oleh Reza Pratama.

Semenit berselang, PSM mengancam dari serangan balik, tapi percobaan ke gawang oleh Ricky Pratama dapat ditepis Rendy.

Laskar Sape Kerrab memiliki peluang emas di menit ke-14. Ronaldo Kwateh memenangkan duel dengan bek PSM di sisi kiri dan berhasil menerobos ke kotak penalti. Namun bukannya memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti, dia memilih untuk melepaskan tembakan dari sudut sempit. Bola pun berhasil ditepis oleh kiper PSM.

Madura United memetik keunggulan pada injury time babak pertama. Gol Laskar Sape Kerrab diciptakan oleh Lulinha pada menit ke-45+2 saat ia menyelesaikan umpan dari Ronaldo Kwateh. Gol tersebut sekaligus menandai akhir dari babak pertama.

Pada babak kedua, PSM hampir menyamakan kedudukan saat pertandingan baru berlangsung kurang dari lima menit. Peluang itu dimiliki oleh Yance Sayuri saat ia menerima umpan di sisi kiri kotak penalti. Namun tendangannya masih membentur tiang gawang Madura United. 

PSM terus berjuang untuk menyamakan kedudukan. Pluim memiliki peluang dari tendangan bebas di menit ke-55. Ia melakukan percobaan langsung ke gawang, tapi bola masih meleset tipis dari sasaran. Jika keunggulan ini bertahan hingga pertandingan berakhir, Madura menyamai perolehan poin PSM di papan klasemen sementara, 29 poin.

Madura hampir memperlebar kedudukan di menit ke-65 saat Cleberson melanjutkan umpan tendangan sudut dengan tandukan tapi bola hanya melintas di atas mistar gawang. Sejurus kemudian, Madura memiliki peluang dari serangan balik cepat oleh Ronaldo Kwateh, namun umpan yang tidak maksimal dapat dihentikan di area pertahanan. 

Kemelut terjadi di depan gawang PSM saat Everton memberikan tekanan pada menit ke-72. Di bawah gangguan Cleberson, Everton masih bisa melepaskan tembakan ke gawang, beruntunh bola dapat diamankan dengan cepat oleh Rendy sebelum disambar oleh pemain PSM.

Di sisi lain, Madura United kembali mendapatkan peluang emas saat Lulinha menerima umpan terobosan dan berada dalam posisi onside di menit ke-80. Namun penyelesaiannya yang terburu-buru membuat tembakannya tidak terarah. Ini bukan yang pertama Madura kehilangan peluang dari penyelesaian akhir.

PSM masih belum menyerah untuk menyamakan kedudukan. Namun, mereka gagal mengonversi gol dari beberapa peluang yang dimiliki. Tidak ada gol lain yang tercipta hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Madura United pun keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement