Jumat 16 Dec 2022 13:21 WIB

Real Madrid Tuntaskan Perekrutan Striker Muda Asal Brasil

Endrick baru bisa bergabung ke Madrid pada 2024 atau saat menginjak usia 18 tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain muda Palmeiras, Endrick Felipe Moreira de Sousa, yang dibeli Real Madrid.
Foto: football5star
Pemain muda Palmeiras, Endrick Felipe Moreira de Sousa, yang dibeli Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid mengumumkan secara resmi perekrutan striker muda asal Brasil, Endrick Felipe, dari Palmeiras. Namun, Endrick baru benar-benar bisa bergabung bersama Los Blancos pada 2024 mendatang atau saat telah menginjak usia 18 tahun.

Saat ini, Endrick diketahui baru berusia 16 tahun. Kendati baru berusia 16 tahun, Endrick sudah mendapatkan kesempatan tampil bersama tim senior Palmeiras pada Oktober 2022.

Baca Juga

Endrick pun memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah klub yang berbasis di Sao Paolo tersebut. Rekor ini dipecahkan Endrick dua kali merobek gawang Athletico Paranaense pada 25 Oktober 2022.

Dari tujuh laga, Endrick mengemas tiga gol di pentas Liga Brasil. Secara keseluruhan, Endrick mampu mencetak sembilan gol dan satu assist dari 16 penampilan di semua ajang. Torehan gelar Liga Brasil pada 2022 menjadi persembahan Endrick buat Palmeiras.

Catatan performa ini sudah cukup membuat Endrick dilirik sejumlah klub besar Eropa. Selain Madrid, Barcelona, Paris Saint Germain (PSG), dan Chelsea dilaporkan tertarik memboyong Endrick. Namun, Madrid ternyata bergerak lebih cepat dibanding pesaing-pesaingnya tersebut.

''Real Madrid, Palmeiras, Endrick dan keluarganya telah sepakat dengan kepindahan pemain tersebut ke Real Madrid. Endrick akan bergabung saat telah mencapai usia yang telah diperbolehkan pada 2024 mendatang,'' tulis pernyataan resmi Real Madrid, Jumat (16/12/2022).

Hingga 2024, penggawa timnas Brasil U-17 itu akan tetap diperbolehkan berlatih bersama Palmeiras. Dalam beberapa hari mendatang, Endrick sudah dijadwalkan akan terbang ke Madrid untuk mengunjungi sejumlah fasilitas klub asal Ibu Kota Spanyol tersebut.

Kendati Madrid tidak menyebutkan besaran biaya transfer Endrick, ESPN melaporkan, Endrick ditebus dengan nilai transfer mencapai 72 juta euro, termasuk pajak dan berbagai bonus. Jebolan akademi Palmeiras itu dilaporkan akan mendatangani kontrak berdurasi tiga tahun, dengan opsi tambahan selama tiga tahun.

''Kami telah menyelesaikan negosiasi terbesar dalam sejarah sepak bola Brasil. Tawaran Real Madrid sesuai dengan kemampuan Endrick dan seiring dengan target finansial serta olahraga kami,'' ujar Presiden Palmeiras, Leila Pereira, seperti dikutip ESPN.

Perekrutan Endrick ini pun seolah menguatkan anggapan soal perubahan strategi perburuan pemain anyar Los Blancos. Manajemen Madrid mulai mengalihkan bidikan dan membidik talenta-talenta muda dari Brasil.

Setidaknya dalam empat tahun terakhir, dipimpin oleh Kepala Perekrutan Pemain, Juni Calafat, Madrid diketahui telah mendatangkan tiga pemain muda asal Brasil. Berawal dari perekutan Vinicius Junior dari Flamengo pada 2018, Madrid kembali mendatangkan talenta muda asal Brasil, Rodrygo dan Reinier Jesus.

Sementara Reinier direkrut Madrid dari Flamengo pada 2020, Rodrygo diboyong dari Santos pada 2019. Baik Vinicius dan Rodrygo pun telah mengisi tempat di tim utama Los Blancos.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement