Sabtu 17 Dec 2022 15:24 WIB

FIFA Tunjuk Maroko Sebagai Tuan Rumah Piala Antarklub

FIFA akan gunakan format Piala Dunia Antarklub yang berbeda.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
Logo FIFA
Foto: AP
Logo FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Maroko mendapat penghargaan dari FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub berikutnya. Kompetisi tersebut akan digelar mulai 1-11 Februari tahun depan.

Juara Liga Champions, Real Madrid, juara Amerika Selatan Flamengo, serta pemenangan Liga Champions Concacaf pertama dari Amerika Serikat, Seattle Sounders, akan bermain di kompetisi dengan total tujuh tim.

Baca Juga

Setelah perjalanan Maroko yang menginspirasi ke semifinal Piala Dunia di Qatar, negara itu akan menggelar event sepak bola global berikutnya dalam waktu enam pekan. Dikutip dari Si, Sabtu (17/12/2022), hal tersebut telah diputuskan oleh FIFA.

Maroko juga pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub pada 2013 dan 2014, yang masing-masing dimenangkan Bayern Muenchen dan Real Madrid.

Hanya tim Eropa dan Amerika Selatan yang memenangkan Piala Dunia Antarklub ini, sejak menerapkan format sekarang dari tahun 2005. Tiga tahun mendatang, FIFA akan menggunakan format Piala Dunia Antarklub yang berbeda, yaitu dengan 32 tim atau sama seperti Piala Dunia.

Sebenarnya, edisi perdana perluasan format kompetisi Piala Dunia Antarklub ini dijalankan tahun lalu di China. Dalam kompetisi tersebut, akan diikuti oleh 24 tim. Namun event tersebut dibatalkan karena Pandemi Covid-19. Perubahan itu kemudian akan mulai diterapkan pada 2025, meski FIFA belum menentukan negara mana yang bakal jadi tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement