Rabu 21 Dec 2022 06:11 WIB

Timnas 100 Persen Siap Tempur, Shin Tae-yong Targetkan Juara Piala AFF 2022

Shin Tae-yong enggan memikirkan Thailand.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan sesi latihan jelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan sesi latihan jelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menargetkan gelar juara Piala AFF 2022. Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina. Laga perdana yang akan dilakoni skuad Garuda adalah melawan Kamboja pada Jumat (23/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK).

"Target saat ini juara. Memang targetnya harus jadi juara," kata Shin Tae-yong dalam sesi latihan di SU GBK, Selasa (20/12/2022). 

Baca Juga

Thailand merupakan juara bertahan pada edisi sebelumnya, di mana mereka berhasil menaklukkan Indonesia dengan agregat 6-2 di babak final Piala AFF 2020 di Singapura. Meskipun tidak memasukkan diperkuat pemain bintang Supachai Jaided, Supachok Sarachat, dan Chanathip Songkrasin, Shin tetap mengakui Thailand sebagai penantang gelar terkuat di turnamen dua tahunan ini. 

"Saya sebelumnya sama sekali tidak pernah memikirkan Thailand itu jadi kuat atau jadi lemah, karena saya sangat fokus ke timnas kita sekarang," kata dia. "Tetapi ya saya berpikir Thailand tetap kuat walaupun ya dua pemain tidak ikut, tetap saya melihat Thailand tim yang sangat baik dari ASEAN," ujarnya.

"Sama aja sebenarnya kita juga, Sandy dan Elkan juga tidak bisa ikut, dan memang setiap tim beda-beda situasinya, dan punya masalah masing-masing juga, sama aja kalau gitu ya, timnya sandy ada alasan bahwa tidak bisa dilepas karena bukan FIFA Matchday, tidak masuk kalender FIFA, itu yang sebenarnya menurut saya jadi masalah juga," jelas Shin.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan sejauh ini persiapan tim sudah semakin baik dan mencapai 100 persen. Namun, dia mengakui masih buta tentang pertandingan yang akan datang. "Untuk latihan 100 persen kita siap, tetapi untuk pertandingan saya jujur belum mengetahuinya karena belum buka kartunya seperti apa," kata Shin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement