Kamis 22 Dec 2022 19:40 WIB

Shin Tae-yong Ungkap Piala AFF Kini Jadi Perhatian Penggila Sepak Bola di Korea Selatan

Termasuk Shin Tae-yong, kini ada tiga pelatih Korea Selatan di Piala AFF.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala AFF 2022 akan menjadi ajang uji kebolehan bagi tiga pelatih asal Korea Selatan. Kejuaraan ini berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 10 Januari 2023. Sepuluh negara akan bersaing untuk memperebutkan gelar yang paling bergengsi di sepak bola Asia Tenggara. Indonesia belum pernah sekali pun memenangkan trofi tersebut sejak digelar pada 1996.

Dari sepuluh negara peserta, tiga di antaranya ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan. Jika diurutkan sesuai keterlibatan mereka di Piala AFF 2022, pelatih Vietnam, Park Hang-seo menjadi yang pertama sejak edisi 2018. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong menyusul dengan debut pada 2020. Ternbaru adalah Malaysia yang mendatangkan Kim Pan-gon untuk edisi 2022.

Baca Juga

Park Hang-seo telah menghadiahkan satu gelar Piala AFF untuk Vietnam saat debutnya pada edisi 2018. Sementara Shin Tae-yong membawa Indonesia sampai ke final pada debutnya di edisi 2020. Adapun Kim Pan-gon baru memulai perjalanannya bersama Malaysia. Ia menandai debutnya dengan membawa Malaysia menang 1-0 atas Myanmar di laga perdana.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut Piala AFF sebagai Piala Dunia ASEAN. Dia mengungkapkan, sebelumnya tidak banyak masyarakat Korea Selatan yang tahu tentang kejuaraan Piala AFF. Tapi kini, setelah tiga pelatih dari negeri Gingseng itu terlibat dalam kejuaraan tersebut, menurutnya pamor Piala AFF meningkat di mata masyarakat Korea Selatan. 

"Piala AFF ini memang bisa disebut Piala Dunia ASEAN ya atau Asia Tenggara, sebegitunya populer sekali. Memang sebelumnya tidak begitu diketahui ya di Korea Selatan tentang Piala AFF ini, tetapi dengan adanya tiga pelatih Korea (Vietnam, Malaysia, Indonesia), jadi media-media Korea pun memperhatikan ini, dan memang banyak mencari juga tentang Piala AFF ini," kata Shin, Kamis (22/12/2022).

"Apalagi nama-nama pelatih Vietnam dan Malaysia pun lumayan baik juga, jadi lebih banyak perhatian dari media Korea. Menurut saya, ketiga pelatih ini memang harus menunjukkan yang terbaik agar Piala AFF ini semakin lebih banyak yang tahu," ujarnya.

Mengenai persaingan antarpelatih dari Korea Selatan, Shin mengatakan dirinya ingin menjadi yang terbaik dengan membawa Indonesia juara Piala AFF untuk pertama kalinya pada edisi kali ini. "Saya juga akan menjadi pelatih yang sangat bekerja keras untuk ini dan akan berusaha lebih agar menunjukkan sepak bola indonesia maju jauh lebih baik daripada sebelumnya," terangnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement