Jumat 23 Dec 2022 06:12 WIB

Shin Tae-yong Optimistis Jalani Laga Perdana Vs Kamboja

Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan dalam laga melawan Kamboja.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersiap memimpin sesi latihan jelang Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Timnas Indonesia akan bertanding melawan timnas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersiap memimpin sesi latihan jelang Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Timnas Indonesia akan bertanding melawan timnas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan skuad Garuda dalam kondisi yang baik untuk melakoni laga perdana Grup A Piala AFF menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022). Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu optimistis Indonesia bisa memetik kemenangan dalam pertandingan tersebut.

"Para pemain sudah mengakhiri TC selama di Bali hampir 20 harian dengan baik tanpa cedera, para pemain semua kondisi baik," kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga

Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan dalam pertandingan melawan Kamboja. Statistik mencatat, Indonesia dan Kamboja telah saling berhadapan sebanyak 17 kali. Dari 17 pertemuan tersebut, Indonesia mampu memetik 16 kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan. Dari kemenangan Indonesia tersebut, lima di antaranya diraih di ajang Piala AFF.

Namun, Shin enggan menganggap enteng calon lawannya. Menurutnya, kemenangan 3-2 Kamboja atas Filipina di laga perdana, menunjukkan Kamboja berada dalam kondisi yang baik. Pelatih berusia 52 tahun itu juga telah menganalisis pertandingan Kamboja dan melihat bahwa performa tim asuhan Ryu Hirose cukup baik.

"Saat ini Kamboja suasananya sangat baik ya, di home lawan Filipina sudah mendapatkan kemenangan dan performanya pun baik," kata Shin.

Shin menambahkan, para pemain Indonesia harus kehilangan kesempatan merumput sejak kompetisi dihentikan sementara pasca-Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya, itu akan berpengaruh pada performa para pemain. Sebab itu, ia tidak bisa memprediksi akan seperti apa kesulitan yang diberikan lawan pada pertandingan nanti.

"Tetapi ya pasti saya tegaskan pertandingan nanti memang harus dimenangkan dan sampai bertanding pun performa para pemain akan semakin menjadi lebih baik. Kami harus fokus dan saya percaya pada pertandingan nanti kami akan bisa mendapatkan hasil yang baik," jelas Shin.

Shin juga berharap stadion kembali penuh oleh suporter saat Indonesia berlaga di Piala AFF 2022. Pihak kepolisian sudah memberikan izin keramaian dengan penjualan tiket sebanyak 30 ribu untuk pertandingan melawan Kamboja, Jumat (23/12/2022), dan 50 ribu saat melawan Thailand pada 29 Desember 2022.

"Saya ingin di GBK semua penuh, bukan hanya beberapa persen. Saya juga bersyukur dan berterima kasih karena sudah diperbolehkan suporter masuk, tetapi saya ingin lebih banyak suporter datang agar bisa memberi dukungan penuh kepada skuad Garuda," kata Shin.

Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina. Sementara di Grup B ada Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Vietnam. Di Grup A, Kamboja, Filipina, Brunei, dan Thailand semuanya telah melakoni laga perdana pada Selasa (20/12/2022). Kejuaraan level Asia Tenggara (ASEAN) ini berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 10 Januari 2023.

Baca juga : Piala AFF, Presiden Jokowi Bakal Tonton Laga Indonesia Vs Kamboja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement