Jumat 23 Dec 2022 11:59 WIB

Menuju Partai Perdana Indonesia di Piala AFF 2022, Asnawi: Bismillah, It's Our Time

Indonesia bertemu Kamboja di partai perdana Grup A.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam mengontrol bola pada laga ujicoba melawan Timnas Bangladesh di Stadion Jalak Harupat, Rabu (1/6/2022).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam mengontrol bola pada laga ujicoba melawan Timnas Bangladesh di Stadion Jalak Harupat, Rabu (1/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa jam lagi, tim nasional Indonesia mulai berpetualang di Piala AFF 2022. Pasukan Garuda bertemu Kamboja di partai perdana Grup A.

Duel tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022) petang WIB. Tampil di rumah sendiri, skuat polesan Shin Tae-yong diunggulkan menjadi pemenang.

Namun keunggulan di atas kertas perlu dibuktikan di lapangan. Wakil kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam membakar semangat rekan-rekannya.

"Bismillah, it's our time," tulis Asnawi di instagram pribadinya.

Sosok yang kini memperkuat klub Korea Selatan Ansan Greeners itu mengunggah gambar pasukan garuda berfoto bersama. Formasi lengkap. Tulisannya menyiratkan pesan, bahwa ini saatnya, Indonesia mengukir prestasi terbaik di turnamen sepak bola negara-negara Asia Tenggara itu. Semuanya dimulai dari laga pembuka.

Baca juga : Piala AFF, Presiden Jokowi Bakal Tonton Laga Indonesia Vs Kamboja

Beberapa pengikut di media sosial Asnawi mendoakan hal yang sama. Akun mozaelick menuliskan kalimat "Inilah saatnya garuda".

Tak ketinggalan, akun mughniyahya mengomentari fisik anak asuh STY. "Gila sih timnas dimana eranya paling ok. Pemain berotot semua, Kelasss."

Akun dinaasriyantip meminta para idolanya memberikan yang terbaik di lapangan. Ia menuliskan kalimat dalam bahasa inggris diikuti emoticon tepuk tangan. Kemudian akun fadjar-official19 optimistis Asnawi dan rekan-rekan bisa meraih trofi.

Selain Kamboja, Indonesia juga bersaing dengan Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam di Grup A. Thailand diprediksi menjadi rival terberat skuat garuda. Namun tetap saja, kewaspadaan terhadap tim lain, menjadi harga mati.

Sepanjang keikutsertaan di AFF, Indonesia sudah menembus enam final. Itu terjadi pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020. Semuanya berakhir dengan kekalahan.

Baca juga : Orang Tua Para Pemain Timnas Bakal Hadir di GBK Saat Indonesia Vs Kamboja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement