Sabtu 24 Dec 2022 06:23 WIB

Andre Onana Pensiun dari Timnas Kamerun

Onana fokus pada penguasaan bola, sedangkan pelatih Kamerun ingin ia lebih pragmatis.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ratna Puspita
Andre Onana
Foto: EPA-EFE/Daniel Dal Zennaro
Andre Onana

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Kiper Inter Milan Andre Onana memutuskan pensiun dari tim nasional Kamerun. Ini buntut dari situasi Onana di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, eks Ajax Amsterdam itu bagian dari skuad polesan Rigobert Song yang pentas di Qatar. Armada Indomitable Lions tergabung di Grup G bersama Swiss, Serbia, dan Brasil. Onana tampil pada laga perdana kontra Swiss.

Baca Juga

Setelahnya, ia memanaskan bangku cadangan saat Kamerun bertemu Serbia. Ia terlibat pertengkaran dengan Song. Ada perbedaan pandangan mengenai gaya yang harus dimainkan.

Onana lebih fokus pada penguasaan bola. Ia berani membangun serangan secara perlahan dari belakang. Maklum, ia didikan akademi Barcelona dan lama di Ajax.

Sementara, Song merasa cara tersebut tidak cocok dengan gaya Kamerun. Ia meminta sang kiper bermain lebih pragmatis. Harus terbiasa mengirimkan bola panjang, entah itu untuk memberi umpan ke depan, atau menjauhkan dari ancaman lawan.

Ini yang tidak diterima Onana. Pertengkaran berlanjut. Sebelum partai ketiga kontra Brasil, ia kembali ke negaranya.

Berjalannya waktu, sang kiper memastikan tak akan kembali lagi ke timnas. Ia mengumumkan keputusan lewat media sosialnya. 

"Setiap kisah memiliki akhir dan kisah saya bersama tim nasional Kamerun telah berakhir," tulis Onana, dikutip dari Football Italia, Sabtu (24/12/2022).

Ia menegaskan, cintanya pada  Indomitable Lions abadi. Ia selalu mendukung negaranya dalam keadaan apa pun. Kali ini ia merasa, sebaiknya mereka berpisah.

"Perasaan saya tidak akan pernah berubah. Jantung Kamerun akan terus berdetak dan kemanapun saya pergi, saya akan selalu mengibarkan bendera Kamerun setinggi mungkin," tutup Onana.

Produk akademi La Masia itu memulai debut bersama Indomitable Lions pada September 2016. Total ia mengoleksi 34 caps dalam balutan kostum Raksasa Afrika ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement