Sabtu 24 Dec 2022 11:45 WIB

Pelatih Bali United Berharap Putaran Kedua Dihadiri Suporter

Suporter butuh hiburan dan menikmati pertandingan, tetapi stadion harus lebih aman.

Pelatih klub sepak bola Bali United Stefano Cugura atau Teco
Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana
Pelatih klub sepak bola Bali United Stefano Cugura atau Teco

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelatih Bali United Stefano Cugurra berharap putaran kedua Liga 1 2022/2023 bisa dihadiri suporter di lapangan untuk mendukung secara langsung timnya yang sedang bertanding. Teco, sapaan akrab pelatih asal Brasil itu memang lebih senang merasakan dukungan langsung dari para fans di stadion.

Namun, harus ada jaminan lebih mengenai keselamatan dan nyawa mereka. "Suporter juga butuh hiburan dan menikmati pertandingan, tetapi stadion harus lebih aman untuk suporter," kata Teco, melalui laman resmi klub, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

Selepas terhenti lama akibat Tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu, BRI Liga 1 baru kembali berputar pada Desember 2022 dengan terpusat di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Akibat dari sistem "bubble" itu, jadwal pertandingan pun menjadi lebih melelahkan karena setiap tim harus melakoni enam laga dengan jeda istirahat yang singkat, yakni dua sampai tiga hari saja.

Selain itu, penonton dilarang untuk datang di stadion mendukung perjuangan klub favoritnya secara langsung. Dengan berakhirnya putaran pertama ini, pelatih pengoleksi tiga trofi juara Liga 1 itu berharap agar pada putaran kedua nantinya akan kembali ke format kandang dan tandang.

"Sistem ini kita tahu tidak ideal bagi semua tim. Namun, kami tahu di liga ada masalah waktu itu. Sehingga lebih bagus kita semua bisa bermain meskipun bubble dan tanpa suporter daripada tidak bermain sama sekali dan hanya berlatih saja," katanya.

"Namun, semoga tahun depan sudah ada solusi untuk bermain 'home and away' dan dengan suporter," lanjut Teco.

Meskipun berharap agar segera kembali ke sistem kandang dan tandang, Teco tetap menegaskan poin penting, yakni aspek keselamatan suporter dengan evaluasi lanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023. "Semoga tahun depan lebih bagus dari tahun ini. Kami pasti lebih senang ketika ada suporter di stadion, bukan tanpa suporter seperti saat ini," kata Teco.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement