Senin 26 Dec 2022 20:03 WIB

Indonesia Pesta Gol 7-0 ke Gawang Brunei Darussalam

Kemenangan ini membuka peluang Indonesia lolos ke fase gugur Piala AFF.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Friska Yolandha
Indonesia pesta gol 7-0 ke gawang Brunei Darussalam dalam laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Indonesia pesta gol 7-0 ke gawang Brunei Darussalam dalam laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Indonesia pesta gol 7-0 ke gawang Brunei Darussalam dalam laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). Kemenangan ini kian membuka peluang Indonesia lolos ke fase gugur.

Indonesia menekan sejak menit pertama. Menguasai penguasaan bola membuat mereka leluasa mendikte permainan. Hal tersebut memaksa Brunei bermain bertahan.

Baca Juga

Brunei mendapatkan satu peluang emas pada menit kesembilan melalui skema tendangan bebas dengan jarak ideal di depan gawang Indonesia. Namun tendangan hakimi terlalu lemah sehingga mudah ke pelukan Nadeo.

Pada menit ke-11 Egy memanfaatkan kemampuan individunya di area kotak penalti. Tetapi keputusan Eggy untuk mengeksekusi sendiri membuat pemain Brunei berhasil merebut bola dari kakinya.

Tim Garuda masih menciptakan tekanan di area penalti Brunei. Satu menit berselang, Edo mendapatkan ruang tembak meski berhasil diblok sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Indonesia memecah kebuntuan ketika Abimanyu membuka keunggulan 1-0. Ia melakukan tembakan sempurna yang mengarahkan bola ke sudut bawah kanan gawang Brunei setelah mendapatkan umpan dari Spasojevic.

Pada menit ke-29, Dendy gagal memanfaatkan peluang ketika menyambut umpan silang Edo. Sontekannya melambung ke atas mistar gawang Brunei. Pada menit ke-34 Saddil nyaris menggandakan keunggulan jika tendangan bebasnya tak membentur tiang.

Brunei harus bermain dengan 10 pemain setelah Alinur Rashimy mendapatkan kartu merah akibat kartu kuning kedua. Ia melakukan pelanggaran kepada Saddil di depan garis penalti yang berada di posisi ideal melakukan tembakan dan menghasilkan tendangan bebas.

Dendy menggandakan keunggulan Indonesia 2-0 pada menit ke-41. Berawal dari umpan Asnawi dari sisi kanan pertahanan ke depan gawang, Dendy memanfaatkan kemelut dengan menyodorkan bola ke gawang. Gol tersebut menjadi penutup di babak pertama.

Brunei nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-48 melalui skema serangan balik. Haji Ismail yang menggiring bola dari tengah lapangan gagal mencetak gol karena tembakannya terlalu lemah sehingga ditangkap sempurna oleh Nadeo. Indonesia juga mempunyai peluang emas dimenit ke-52.

Hansamu gagal menyontek dengan sempurna saat menyambut umpan tarik Asnawi dari sisi kanan. Posisi Hansamu yang tak terkawal di tiang dekat dan tanpa kiper sontekanya justru melambung. Egy mencetak gol ketiga pada menit ke-59 melalui sundulan menyambut umpan lambung Endo dari sisi kanan pertahanan Brunei.

Brunei kian tak berdaya ketika satu menit berselang, Indonesia unggul 4-0 melalui backheel Spasojovic menyambut umpan Asnawi. Dua pemain pengganti Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta terlibat dalam gol kelima Indonesia. Sayuri menusuk ke area penalti setelah mendapatkan umpan terobosan memberikan umpan ke tiang dekat dan disambut oleh Ramadhan.

Gol Marc Klok pada menit ke-86 menambah pesta gol 6-0 Indonesia atas Brunei. Dan gol sundulan Sayuri pada menit ke-90+2 menutup laga menjadi 7-0. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement