Kamis 29 Dec 2022 17:30 WIB

Babak Pertama, Indonesia Vs Thailand Masih Imbang tanpa Gol

Thailand lebih sering menguasai bola dan memberikan tekanan kepada Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Suporter memberi dukungan kepada timnas Indonesia saat bertanding melawan Thailand di Grup A Piala AFF 2022.
Foto: ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini
Suporter memberi dukungan kepada timnas Indonesia saat bertanding melawan Thailand di Grup A Piala AFF 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Thailand di babak pertama pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022). Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Indonesia langsung menciptakan peluang ke gawang dalam waktu kurang dari satu menit. Egy Maulana Vikri melepaskan umpan dari sisi kiri serangan ke tiang dekat. Witan Sulaeman bergerak untuk menyambut umpan tersebut tapi sontekannya ke gawang mampu dihentikan kiper.

Baca Juga

Di menit ke-8, Yakob Sayuri menyambut umpan di tengah kotak dengan setengah voli, tapi membentur pemain Thailand. Sejurus kemudian, Thailand melancarkan serangan, Bordin Phala menusuk dari sisi kiri ke kotak penalti. Beruntung bantuan Rachmat Irianto ikut turun untuk memberikan bantuan dan menyapu bola ke depan.

Thailand memberikan tekanan kepada Indonesia. Di menit ke-15, Theerathon mengeksekusi tendangan bebas yang diarahkan langsung ke gawang. Kiper Nadeo Argawinata gagal mengamankan bola tersebut, tapi beruntung bagi Indonesia bola masih meleset di sisi kanan gawang.

Dua menit berselang, Indonesia memberikan ancaman. Yakob Sayuri menerima umpan terobosan di sisi kiri, ia kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Dendy Sulistyawan menyambutnya dengan tandukan, tapi dia gagal mengarahkan bola ke gawang.

Indonesia berada di bawah tekanan saat Thailand mendominasi penguasaan bola. Di menit ke-22, Thailand mendapatkan tendangan sudut. Bordin meneruskan umpan tendangan sudut dengan tandukan. Namun bola masih melayang di atas mistar gawang.

Dua menit berselang, peluang diraih Indonesia lewat Arhan Pratama yang melakukan lemparan ke dalam. Bola yang mengarah langsung ke gawang berhasil ditepis kembali ke Arhan, ia kemudian melepaskan umpan ke tengah, Egy mampu menyambut dengan sundulan tapi bola tidak mengarah ke gawang.

Di menit ke-27, Indonesia kembali mengancam. Yakob melepaskan umpan ke tengah tapi Egy gagal menyambutnya. Dua menit berselang, Thailand mendapat peluang dari tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Namun umpan yang dilepaskan langsung ke gawang meleset jauh dari sasaran.

Thailand lebih banyak mendominasi penguasaan bola dan mengurung Indonesia di area pertahanan sendiri. Di menit ke-38, Witan berhasil merebut bola dari kiper lawan saat Thailand mencoba bermain di bawah, tapi Witan gagal membobol gawang yang sudah kosong. Sontekannya hanya membentur tiang luar. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Timnas Indonesia (4-3-3)

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri; Egy Maulana Vikri, dan Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (4-4-2)

Kittipong Phoothawchuek (kiper); Sasalak Haiprakhon, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Subhanan Bureerat; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Kritsada Kaman, Ekanit Panya; Teerasil Dangda, Channarong Promsrikaew

Pelatih: Alxeandre Polking.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement