Kamis 29 Dec 2022 18:37 WIB

Ditahan Imbang Thailand 1-1, Kans Indonesia ke Semifinal Masih Terbuka

Padahal Indonesia mendapat keuntungan setelah Thailand tampil dengan 10 pemain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Marc Klok mencium bola sebelum melakukan tendangan penalti dalam laga kontra ketiga Grup A Piala AFF 2022 kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Marc Klok mencium bola sebelum melakukan tendangan penalti dalam laga kontra ketiga Grup A Piala AFF 2022 kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022). Indonesia yang diunggulkan dalam jumlah pemain sejak babak kedua, gagal memetik poin penuh setelah ditahan imbang 1-1.

Pada babak pertama, Indonesia menciptakan beberapa peluang ke gawang lawan. Namun Thailand lebih banyak mendominasi penguasaan bola dan mengurung Indonesia di area pertahanan sendiri. Di menit ke-38, penyerang Indonesia Witan Sulaeman berhasil merebut bola dari kiper saat Thailand mencoba bermain di bawah, tapi Witan gagal membobol gawang yang sudah kosong. Sontekannya hanya membentur tiang luar. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

Di babak kedua, Indonesia bangkit menyerang sejak menit-menit awal. Asnawi Mangkualam mendapat umpan di sisi kanan serangan kemudian merangsek ke kotak penalti sebelum melepaskan tembakan. Tendangannya membentur tangan Theerathon di kotak terlarang sehingga menghasilkan tendangan penalti.

Marc Klok yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil membawa Indonesia unggul 1-0. Ini menjadi gol kedua Klok di kejuaraan Piala AFF 2022.

Indonesia mendapatkan keuntungan ketika Sanrawat Dechmitr yang baru masuk di babak kedua dihukum kartu merah langsung oleh wasit di menit ke-62 setelah ia melakukan pelanggaran keras terhadap Saddil Ramdani. Indonesia pun bermain lebih percaya diri dengan memberikan banyak tekanan.

Sementara, Thailand juga berjuang untuk mengejar ketertinggalan. Dalam kurun waktu tiga menit Thailand mendapatkan tiga kali tendangan sudut secara beruntun, tapi beruntung skuad Indonesia masih bisa menanganinya. Peluang dimiliki di menit ke-71 saat Bordin menerima umpan di tengah kotak penalti, tapi kiper Nadeo Argawinata bisa mematahkannya.

Di menit ke-74, Yakob Sayuri bermain satu-dua dengan Dendy Sulistyawan saat menekan menuju kotak penalti Thailand. Yakob yang menerima umpan terakhir melakukan percobaan langsung ke gawang tapi masih meleset tipis dari sasaran.

Indonesia justru kebobolan di menit ke-79 saat operan dari Asnawi dipatahkan oleh Adisak yang kemudian melepaskan umpan ke tengah dan diterima dengan baik oleh Sarach. Sarach langsung melepaskan tembakan ke gawang setelah mencari ruang, tapi bola yang memantul dari kaki pemain Indonesia justru mengecoh Nadeo, skor 1-1.

Tidak ada gol lain yang tercipta setelah tambahan waktu empat menit. Dengan hasil ini, Indonesia tetap menghuni posisi kedua klasemen dengan mengantongi 7 poin sama dengan Thailand. Namun Thailand berhak memuncaki klasemen berkat keunggulan selisih gol. Skuad Garuda masih punya kans lolos ke semifinal jika di laga terakhir mampu menekuk Filipina.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Timnas Indonesia (4-3-3)

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri; Egy Maulana Vikri, dan Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (4-4-2)

Kittipong Phoothawchuek (kiper); Sasalak Haiprakhon, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Subhanan Bureerat; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Kritsada Kaman, Ekanit Panya; Teerasil Dangda, Channarong Promsrikaew

Pelatih: Alxeandre Polking.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement