Sabtu 31 Dec 2022 23:13 WIB

Ronaldo Didatangkan untuk Tandingi ‘Raja Asia’

Tim terbesar dan tersukses di Arab Saudi adalah Al Hilal.

Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Arab Saudi, Al Nassr, mendatangkan Cristiano Ronaldo dengan masa kontrak dua musim. Kehadiran mantan bintang Manchester United, Real Madrid dan Juventus itu diharapkan mampu membawa Al Nassr menandingi pamor kesuksesan Al Hilal.

‘’Tim terbesar dan tersukses di Arab Saudi adalah Al Hilal yang berbasis di ibu kota Riyadh,’’ sebut ESPN dalam laporan analisanya. 

‘’Al Nassr (juga bermarkas di Riyadh) dan Al Ittihad (berbasis di Jeddah) adalah dua tim yang bersaing sebagai rival terbesar Al Hilal,’’ tulis ESPN

Al Hilal memang mendominasi dengan memenangkan 18 gelar Liga Arab Saudi. Mereka finis sebagai runner-up dalam 15 kali kesempatan.  

Sementara, Al-Nassr telah memenangkan sembilan gelar liga dan terakhir kali meraihnya pada 2018-2019. Al-Ittihad yang telah mengantongi delapan gelar liga, sudah lama puasa gelar sejak menjuarai musim 2008-2009.

Raja Asia

Al Hilal tidak hanya mendominasi Pro Liga Saudi, tapi klub berjulukan Asian Galacticos itu juga ‘Raja Asia’. ‘’Mereka (Al Hilal) adalah juara bertahan Asia (Liga Champions Asia),’’ sebut ESPN.

Al Hilal merupakan klub Asia yang paling sukses dengan empat kali menjuarai Liga Champions Asia. Hanya klub Korea Selatan, Pohang Steelers, yang mampu menyainginya dengan torehan tiga gelar.

Sementara, Al Nassr sama sekali belum pernah memenangkan Liga Champions Asia. Faris Najd, julukan Al Nassr, menorehkan prestasi terbaiknya saat menembus partai final Liga Champions Asia 1995. Sayangnya Al Nassr gagal setelah ditekuk klub Korea Selatan, Ilhwa Chunma, dengan skor tipis 1-0.

Kini kehadiran Ronaldo diharapkan mampu membawa Al Nassr mengimbangi dominasi Al Hilal di pentas Pro Liga Saudi. Selain itu, CR7 diharapkan bisa memberikan gelar ‘Raja Asia’ kepada Al Nassr untuk kali pertamanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement