Senin 02 Jan 2023 21:30 WIB

Kalahkan Filipina 2-1, Indonesia ke Semifinal Piala AFF Sebagai Runner-Up Grup A

Indonesia kalah selisih gol dari Thailand yang mengalahkan Kamboja 3-1.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan (kedua kiri) bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).
Foto:

Memasuki interval kedua The Azkals berupaya membongkar lini belakang Indonesia dengan menerapkan umpan panjang ke depan.

Meski demikian strategi Filipina belum begitu membahayakan pertahanan Indonesia. Beberapa kali Fachruddin dan Rizky Ridho mampu menutup pergerakan Stephan Schrock dan Kenshiro Daniels.

Kedua tim melakukan rotasi pada menit ke-59. Indonesia memutuskan untuk memasukan Egy Maulana Vikri menggantikan Witan dan Yakob Sayuri dengan Saddil Ramdani.

Sedangkan entrenador Filipina, Josep Ferre memasukan Sandro Reyes pun Sebastian Rasmussen dengan menarik Oliver Bias pun Mark Hartmann.

Egy Maulana nyaris mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-66. Egy terlepas dari jebakan offside sayang tembakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Peluang Filipina terjadi pada menit ke-77 lewat tembakan Sandro Reyes dari sebelah kanan. Beruntung Syahrul Trisna berada di posisi tepat dengan melakukan antisipasi.

Filipina memecah kebuntuan pada menit ke-82 lewat pemain pengganti Sebastian Rasmussen usai menerima umpan silang Stephan Schrock. Skor kini menjadi 1-2.

Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian. Penyerang Ilija Spasojevic masuk menggantikan posisi Dendy Sulistyawan pada menit ke-84.

Pergantian ini hampir berbuah kala Spasojevic memiliki peluang di depan gawang menit ke-88. Namun sayang tembakannya terlalu pelan yang dengan mudah diamankan kiper Pinthus.

Tidak ada gol tambahan bagi kedua tim di sisa pertandingan yang membuat skor tetap bertahan 2-1 untuk kemenangan tim tamu Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement