Selasa 03 Jan 2023 19:04 WIB

Bernardo Silva Ungkap Soal Ronaldo Dicadangkan di Piala Dunia

Bernardo Silva mengatakan para pemain Portugal kaget Ronaldo dicadangkan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Cristiano Ronaldo saat membela Portugal.
Foto: AP / Martin Meissner
Cristiano Ronaldo saat membela Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang tengah tim nasional Portugal Bernardo Silva menyebut para pemain dibuat terkejut setelah mengetahui Cristiano Ronaldo diparkir oleh pelatih Fernando Santos pada laga melawan Swiss pada Piala Dunia 2022.

"Di antara kami saling berbicara dan bertanya, mungkinkah ini dilakukan?" kata Bernardo Silva demikian dilansir Daily Mail, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga

Tersisihnya Ronaldo dari susunan pemain utama melawan Swiss menjadi kejutan besar bagi pecinta sepak bola, khususnya penggemar Selecao das Quinas. Pasalnya sejak mengarungi kejuaraan bergengsi dari Euro 2004 figur CR7 selalu masuk ke dalam susunan pemain utama Portugal.

Lebih lanjut, Silva menjelaskan apabila rekan setimnya terkejut dengan keputusan pelatih Fernando Santos yang membangkucadangkan Ronaldo dengan mengandalkan striker muda Goncalo Ramos.

Ramos kemudian menuai decak kagum dengan mencetak hattrick ke gawang Swiss. Ronaldo baru masuk pda menit ke-73.

"Kami benar-benar baru mengetahui tentang tim, susunan pemain, di ruang ganti ketika tiba di stadion, dua jam sebelum kick off," sambung pemain Manchester City.

Ronaldo telah tampil 194 kali sebelum pertandingan sistem gugur, mencetak 118 gol. Namun penampilannya yang tidak biasa di Qatar menyebabkan ia digantikan dalam kekalahan penyisihan grup terakhir mereka di tangan Korea Selatan, yang menyebabkan perselisihan dengan bos Fernando Santos.

Buntut dari dibangkucadangkannya Ronaldo pada laga 16 besar adalah sang pemain mengancam keluar dari skuad Portugal. Meski hal itu langsung dibantah oleh Federasi Sepak Bola Portugal (FPF).

"Ada 26 pemain dan itu terlalu banyak untuk dipilih oleh pelatih di pertandingan tertentu. Saya tak terkejut bahwa ia (Santos) memberikan keputusan berat karena pelatih berhak mengambil keputusan."

Keterasingan pemilik lima Ballon d'Or memang sudah terjadi sejak awal musim 2022/2023. Bersama klub terdahulu Manchester United (MU), Ronaldo bahkan sempat bersitegang dengan juru taktik Erik ten Hag.

Ten Hag kerap membekukan CR7 di bangku cadangan tim dengan mengeklaim Ronaldo sudah tidak lagi berada pada level tertinggi.

Saat ini, Ronaldo merapat ke klub Liga Pro Arab Saudi, Al Nassr. Ia telah mendarat di Bandara Arab Saudi kemarin, dan akan segera diperkenalkan pada malam ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement