Rabu 04 Jan 2023 06:16 WIB

Arsenal Ditahan Newcastle 0-0, Arteta: Keputusan Wasit Seperti Skandal!

Arsenal memiliki dua potensi mendapatkan penalti namun diabaikan wasit.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/Vince Mignott
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal melewatkan kesempatan unggul 10 poin di puncak klasemen Liga Primer Inggris setelah ditahan imbang 0-0 oleh Newcastle United, di Stadion Emirates, Rabu (4/1/2023) dini hari WIB.

The Magpies yang tampil dengan pertahanan kokoh membuat the Gunners berpotensi jaraknya terpangkas menjadi lima poin dengan tim peringkat kedua Manchester City jika Man City menang atas Chelsea.

Baca Juga

Tuan rumah memiliki dua potensi mendapatkan penalti, tapi diabaikan wasit. Bek Newcastle Burn tak lolos dari hukuman karena menarik baju Gabriel di area penalti, sehingga wasit tak memberikan hadiah penalti. Para pemain Arsenal juga dibuat sangat marah ketika handball pemain pengganti Newcastle Jacob Murphy di akhir pertandingan tak dianggap pelanggaran.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta juga marah atas beberapa keputusan wasit yang merugikan timnya. Ia menggambarkan kegagalan timnya mendapat hadiah penalti tersebut sebagai sebuah skandal.

“Ada dua sanksi. Ini sangat sederhana. Saya berbicara tentang apa yang saya lihat. Itu adalah dua penalti yang memalukan. Saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah kami lakukan,” ujar Arteta usai pertandingan dilansir dari The Nationalnews.

Namun, Arteta mengakui, pasukannya kekurangan sentuhan dan gerakan ekstra untuk menyelesaikan peluang. Menurut dia, hal ini memang sesuai kehendak Newcastle karena permainan di laga tersebut tak sesuai dengan karakter the Magpies.

Permainan Arsenal memang tak banyak berubah dengan apa yang ditampilkan ketika mengalahkan Brighton 4-2. The Gunners memulai pertandingan dengan sangat baik. Kapten tim Martin Odegaard menciptakan peluang dengan tendangan voli.

Bukayo Saya yang mengandalkan kelincahannya nyaris mencetak gol setelah mengelabui Burn sebelum percobaan Granit Xhaka melesat dari sasaran. Adapun di pihak Newcastle, Callum Wilson, melakukan tembakan langsung ke arah gawang yang dijaga Aaron Ramsdale dari jarak jauh di awal laga meski belum berhasil mencetak gol.

Kedua tim memberikan tontonan aksi jual beli serangan. Namun hingga laga berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement