Kamis 05 Jan 2023 23:19 WIB

Ronaldo dan Agenda Khusus Liga Arab Tingkatkan Pamor Kompetisi

Ronaldo menyebut persaingan Liga Pro Arab Saudi sangat baik.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Ronaldo, yang telah memenangkan lima penghargaan Ballon d
Foto: AP/Amr Nabil
Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Ronaldo, yang telah memenangkan lima penghargaan Ballon d

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kompetisi Liga Pro Arab Saudi mungkin tertangkap lemah dalam radar para pecinta sepak bola dunia. Akan tetapi mulai sekarang, babak baru dari industri sepak bola Timur Tengah dan Asia bersinar.

Kehadiran megabintang Cristiano Ronaldo ke liga kelas dua jelas menjadi kabar yang sangat mengejutkan. Sebab, Ronaldo merupakan figur pesepak bola yang paling banyak digandrungi penggemar.

Baca Juga

Dalam wawancaranya bersama media, Ronaldo menampik persaingan kompetisi Liga Pro Arab berada jauh dibawah kompetisi Benua Biru.

"Di Eropa pekerjaan saya sudah selesai," kata Ronaldo saat dipresentasikan sebagai pemain resmi Al Nassr di Riyadh dilansir Associated Press, Kamis (5/1/2023).

"Saya tahu liga ini sangat kompetitif, tapi orang tidak tahu soal itu sedangkan saya mengetahuinya karena saya melihat banyak sekali pertandingan di sini," sambung pemain berusia 37 tahun.

Ronaldo juga berharap bisa berlaga di Liga Champions Asia musim depan andai klub berjuluk Faris Najd lolos ke kompetisi terbesar sepak bola Asia tersebut.

Eks pemain Manchester United (MU) dan Real Madrid bergabung dengan tim yang bertujuan menjadi juara Liga Pro Arab Saudi untuk ke-10 kalinya, setelah terakhir kali memenangkan gelar pada 2019 silam.

Sementara sepak bola Arab Saudi mungkin tidak banyak mengerek atensi publik barat, tetapi kompetisi itu sangat populer di negara-negara Arab.

Tercatat lebih dari 1,25 juta penonton menghadiri pertandingan di musim 2021/2022, menurut statistik resmi, dengan penonton televisi lebih dari 215 juta selama musim tersebut.

Ronaldo bukan satu-satunya pemain Eropa terbaik yang pindah ke Arab Saudi, dengan mantan gelandang Bayern Muenchen asal Brasil Luiz Gustavo sudah lebih dulu merumput bareng Al Nassr, pun mantan kiper Arsenal dan Napoli David Ospina.

"Cristiano Ronaldo salah satu pemain terbaik dunia. Dalam sejarah sepak bola dia adalah seorang legenda!. Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan juga Al Nassr untuk menyambut sang superstar," kata pelatih Rudi Garcia.

Terlepas dari gaji selangit, merapatnya Ronaldo ke Al Nassr menimbulkan persepsi bahwa pejabat dan pemangku kepentingan Sepak Bola Arab Saudi tengah menyusun agenda untuk mendorong para pemain elite Eropa mengikuti jejak CR7. Ini sekaligus melambungkan pamor kompetisi Liga Pro Arab di seluruh penjuru dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement