Ahad 08 Jan 2023 23:35 WIB

Lazio Harus Puas Hanya Raih Satu Poin dari Empoli

Empoli menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol injury time.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain Empoli merayakan gol penyama kedudukan saat melawan LAzio dalam laga Serie A Liga Italia, Ahad (8/1/2023)
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO PERI
Pemain Empoli merayakan gol penyama kedudukan saat melawan LAzio dalam laga Serie A Liga Italia, Ahad (8/1/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Lazio gagal mempertahankan keunggulan dua gol saat menjamu Empoli pada giornata ke-17 Serie A, Ahad (8/1/2023). Setelah mendominasi jalannya laga, I Biancoceleste justru menutup pertandingan dengan skor imbang, 2-2, usai kebobolan dua gol pada 10 menit akhir pertandingan. 

Lazio sempat unggul via gol dari Felipe Anderson dan Mattia Zaccagni. Namun, keunggulan itu menguap saat Empoli mampu membalas lewat torehan Francesco Caputo dan Razvan Marin. Dengan hasil ini, Lazio gagal memangkas jarak dengan Inter Milan di papan klasemen sementara Liga Italia. Berada di peringkat kelima, Lazio masih terpaut tiga poin atas I Nerazzurri, yang duduk di posisi keempat. 

Baca Juga

Lazio pun terancam kehilangan posisi kelima apabila AS Roma, yang berada di peringkat keenam, berhasil mengalahkan AC Milan pada laga lainnya, Senin (9/1/2023) dini hari WIB. Dua tim asal Ibu Kota Italia itu hanya terpaut satu poin. 

Jalannya pertandingan 

Laga baru berjalan kurang dari dua menit, Lazio sudah mampu merobek gawang Empoli. Berawal dari sepak pojok, yang dieksekusi Luis Alberto, Felipe Anderson sudah mengantarkan I Biancoceleste unggul. Anderson menanduk bola hasil sepak pojok Alberto di tiang dekat. 

Tertingal satu gol, Empoli berusaha membalas. Namun, pola permainan tim asal besutan Paolo Zanetti itu sudah mampu ditebak oleh para penggawa Lazio. Albiceleste pun bahkan mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola mencapai 54 persen. Tidak hanya itu, Lazio juga terus menekan pertahanan Empoli. 

Sebanyak 11 tembakan, termasuk dua tembakan, tepat ke arah gawang dilepaskan para penggawa tim tuan rumah pada babak pertama. Empoli pun tercatat tidak mampu menembus pertahanan Lazio dan tercatat tidak pernah mencatatkan tembakan pada sepanjang babak pertama. 

Situasi serupa juga terjadi pada babak kedua. Unggul dari segi kualitas pemain, I Biancoceleste meneruskan dominasi atas tamunya pada babak kedua. Setelah berbagai upaya, termasuk sebuah peluang dari Ciro Immobile pada awal babak kedua, tim besutan Maurizio Sarri itu bisa menggandakan keunggulan. 

Pada menit ke-54, Mattia Zaccagni menambah catatan gol Lazio di laga ini. Bola hasil sepakan keras Anderson bergerak liar di dalam kotak penalti usai sempat mengenai salah satu pemain bertahan Empoli. 

Bola itu akhirnya jatuh di kaki Zaccagni. Gelandang serang berusia 27 tahun itu tidak menemukan kesulitan menaklukan kiper Empoli, Guglielmo Vicario, di depan mulut gawang. 

Tidak lama berselang, Lazio nyaris kembali merobek gawang Empoli. Kali ini via tembakan keras Sergej Milinkovic-Savic. Namun, bola hasil sepakan keras gelandang asal Serbia itu hanya membentur mistar gawang Empoli usai sempat ditepis oleh Vicario. 

Kendati begitu, Empoli bukan tanpa perlawanan. Pada menit ke-84, Empoli berhasil mencuri gol. Setelah mematahkan sebuah serangan Lazio, Empoli melancarkan serangan balik cepat. Nicolo Cambiaghi menyediakan operan terakhir buat Francesco Caputo dalam serangan balik tersebut. Caputo menaklukan kiper Lazio, Ivan Provedel, dengan sebuah sepakan keras dari dalam kotak penalti. 

Empoli mencetak gol dengan tembakan tepat ke arah gawang pertama yang dilepaskan pada laga ini. Tidak berhenti sampai di situ, Empoli bahkan mampu menyamakan kedudukan saat masa injury time tinggal tersisa satu menit, tepatnya pada menit ke-93. Sepakan keras Razvan Marin dari tepi kotak penalti gagal dihalau oleh Provedal. 

Marin melepaskan sepakan keras usai mendapatkan bola hasil sepak pojok. Ini sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement