Senin 09 Jan 2023 09:30 WIB

Susah Payah Tundukkan Atletico, Xavi Merasa Barcelona Mendapat Suntikan Moral yang Besar

Xavi membawa Barcelona gemilang di puncak klasemen.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Barcelona meraih hasil positif saat bertandang ke markas Atletico Madrid dalam lanjutan La Liga Spanyol musim 2022/23. Barca menang tipis 1-0 atas Atletico di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Senin (9/1/2023) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Blaugrana kokoh di singgasana. Mereka mulai meninggalkan Real Madrid. Dengan mengantongi 41 poin, Raksasa Katalan unggul tiga angka atas Madrid di urutan kedua.

Baca Juga

Jadi apa yang terjadi di Wanda Metropolitano, memberi sedikit bencana untuk tim-tim asal ibu kota. Dua-duanya merupakan rival Barcelona. Ousmane Dembele menjadi salah satu sosok pembeda.

Sepakan kaki kanannya pada menit ke-22, merobek jala Jan Oblak. "Sebuah kemenangan hebat. Ayo lanjutkan," demikian tulisan Dembele di instagramnya, selepas bigmatch tersebut. 

Setelah memimpin, Barca lebih sering mendapat tekanan. Beberapa kali para penggawa Los Colchoneros memiliki kans untuk menyamakan kedudukan dan bahkan berbalik unggul. Antoine Griezmann terus meneror lini belakang eks klubnya.

Namun, sederet bek Blaugrana menunjukkan performa impresif. Andreas Christensen bahkan terpilih sebagai man of the match. Fakta demikian menunjukkan, Raksasa Kalatan lebih sering mendapat ancaman.

Partai ini berlangsung keras. Wasit Jose Munera mengeluarkan dua kartu merah langsung pada menit-menit terakhir. Masing-masing untuk Ferran Torres dari Barcelona, serta Stefan Savic (Atletico Madrid).

Torres dan Savic berduel dalam perebutan bola di menit ke-92. Setelahnya mereka berlaku ala pegulat di ring. Munera lantas mengusir dua sosok tersebut.

Terlepas dari dinamika tersebut, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez fokus pada hasil akhir. "Ini bukan hanya sekadar tiga poin. Ini adalah dorongan moral yang sangat besar. Tanpa bermain cemerlang kami menderita dan pulang dengan tiga poin," ujar Xavi, dikutip dari Dailymail.

Kekalahan ini membuat Atletico mulai terlempar dari zona Liga Champions. Dengan mengantongi 27 poin, anak asuh Diego Simeone tertinggal sebiji angka di belakang Real Betis di urutan keempat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement