Senin 09 Jan 2023 20:30 WIB

Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 202

Sebagai tuan rumah Vietnam melakukan inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmië dr cr/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam saat pertandingan semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam saat pertandingan semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu saat bertandang ke markas Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. Gol cepat Vietnam di menit ketiga membuat tim tuan rumah unggul 1-0 di babak pertama.

Sebagai tuan rumah Vietnam memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia. Vietnam memimpin dengan cepat di menit ketiga pertandingan. Gol diciptakan oleh Nguyen Tien Linh dari umpan jarak jauh Do Hung Dung ke kotak penalti. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Baca Juga

Indonesia sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang 1-1 atau lebih untuk bisa lolos ke babak final. Dengan regulasi tersebut, Vietnam tentu tak mau membiarkan hal itu terjadi. The Golden Star terus menekan untuk memastikan kemenangan pada laga ini.

Meskipun berada di bawah tekanan, skuad Indonesia tetap mampu bermain dengan tenang dan memberikan perlawanan terhadap permainan Vietnam. Namun beberapa ancaman dari serangan balik Vietnam yang menggunakan umpan-umpan jauh cukup menyulitkan pertahanan Indonesia.

Indonesia mempunyai peluang di menit ke-24 saat terjadi kemelut di depan gawang Vietnam. Dendy Sulistyawan sebetulnya memiliki penguasaan bola di kotak penalti, tapi ia diganggu oleh bek Vietnam dan mendapatkan tekanan keras namun tidak dihitung sebagai pelanggaran oleh wasit.

Vietnam memiliki peluang dari tendangan bebas di menit ke-29. Doan Van Hau mengeksekusi bola mati langsung ke gawang. Tendangan kerasnya berhasil melewati pagar hidup Indonesia tapi beruntung bagi Indonesia bola masih mengarah tipis di sisi kiri gawang Nadeo Argawinata.

Permainan berlangsung dengan tensi tinggi. Pemain-pemain Vietnam beberapa kali mencoba memprovokasi pemain Indonesia. Doan Van Hau kembali menjadi aktor dalam permainan kotor Vietnam dalam pertandingan ini. Asnawi Mangkualam menjadi korban yang diganjar kartu kuning karena diving dari Van Hau.

Tak lama berselang, Van Hau dihukum kartu kuning oleh wasit karena terlihat menyikut Asnawi untuk mempertahankan penguasaan bola. Beberapa protes dilakukan oleh ofisial maupun pemain dari kedua kubu, tapi bagaimana pun Indonesia yang paling dirugikan dengan banyaknya waktu yang terbuang.

Tambahan waktu tiga menit diberikan oleh wasit. Namun tidak ada perubahan terjadi di papan skor. Skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Vietnam di paruh waktu.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia (3-6-1)

Nadeo Argawinata (kiper); Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, RIzky Ridho; Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Dendy Sulistyawan.

Vietnam (5-3-2)

Dang Van Lam (kiper); Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement