Selasa 10 Jan 2023 17:21 WIB

Tertarik Jadi Pelatih Belgia, Pirlo Dinilai Perlu Lebih Banyak Belajar

Belgia membutuhkan pelatih berpengalaman dengan rekam jejak jelas.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Andrea Pirlo
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Andrea Pirlo

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Andrea Pirlo dilaporkan tertarik untuk mengisi peran kosong pelatih tim nasional Belgia setelah resmi ditinggal oleh Roberto Martinez. Mantan pemain internasional Italia itu sejatinya baru bergabung dengan klub Super Lig Turki, Karagumruk pada Juni 2022 kemarin usai dipecat sebagai juru taktik Juventus bulan Mei lalu.

Adapun Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA) membuka lowongan bagi setiap pelatih yang tertarik untuk menangani Kevin De Bruyne dan kawan-kawan. Mengacu pada kabar tersebut media olahraga Belanda HLN, dikutip Daily Mail, Selasa (10/1/2023), Pirlo adalah salah satu pelatih yang tertarik untuk menggantikan peran Martinez di skuad De Roude Devils, julukan timnas Belgia.

Baca Juga

Namun seleksi ketat bakal diterapkan RBFA mengingat Martinez diklaim telah gagal memanfaatkan momentum generasi emas Setan Merah.

Kriteria yang ditetapkan oleh dewan untuk menjadi mentor Thibaut Courtois serta rekan adalah mereka sudah harus memiliki pengalaman internasional dan berprestasi di level domestik.

Praktis muncul kekhawatiran Pirlo tidak dapat memenuhi standar yang ditetapkan RBFA mengingat kiprahnya di dunia kepelatihan tak begitu mengilap.

Pirlo gagal membawa Juventus dan mengarungi awal suram bersama Karagumruk di kompetisi Super Lig Turki 2022/2023, saat ini timnya berada di peringkat 10 klasemen liga.

Sumber yang sama menambahkan Thierry Henry masuk ke dalam bursa calon pelatih Belgia. Legenda Prancis itu mendapat dukungan dari pemain seperti Toby Alderweireld serta Romelu Lukaku.

Presiden RBFA sendiri akan membahas lebih lanjut kandidat pelatih baru pada Jumat waktu setempat untuk segera memberikan pengumuman resmi.

Di sisi lain, Roberto Martinez resmi menjabat sebagai manajer timnas Portugal sepeninggal Fernando Santos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement