Jumat 13 Jan 2023 07:02 WIB

Cristiano Ronaldo di Mata Doktor Cantik Universitas Ummul Qura Makkah

Banyak yang masih tidak percaya jika Ronaldo telah bergabung dengan Al Nassr.

 Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Ronaldo, yang telah memenangkan lima penghargaan Ballon d
Foto: AP/Amr Nabil
Cristiano Ronaldo menyapa penggemar Saudi saat perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (3/1/2023). Ronaldo, yang telah memenangkan lima penghargaan Ballon d

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Cristiano Ronaldo gabung klub Al Nassr mematik segudang komentar. Salah satunya asisten profesor di Universitas Ummul Qura Makkah, Dr. Ghadeer Talal Melibari, yang menuangkan pendapatnya dalam tulisan opini berjudul ‘Cristiano Ronaldo a pioneer in Saudi football’s new era’.

‘’Ini bisa menjadi pertanyaan kuis di masa depan: apa kesamaan Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan Al-Nassr?,’’ tulis Melibari dalam tulisannya yang dimuat di harian Saudigazette.

MU, Real Madrid, dan Juventus disebutnya mewakili liga terbaik dunia yakni Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan La Liga Spanyol. Semetara, Al Nassr telah sembilan kali menjadi juara Liga Pro Saudi.

Melibari menyebut mungkin banyak yang akan tertawa jika membandingkan Al Nassr dengan MU, Real Madrid ataupun Juventus. ‘’Tetapi, sekarang semuanya telah berubah. Keempatnya telah disatukan dengan satu hubungan, yakni klub yang diperkuat Cristiano Ronaldo,’’ tulisnya. 

Banyak yang masih tidak percaya jika Ronaldo telah bergabung dengan klub Liga Pro Saudi. Jika sebelumnya hanya bisa melihat aksi CR7 di layar kaca, kini masyarakat Saudi bisa menyaksikannya langsung di lapangan hijau. Stadion Mrsool Park, markas Al Nassr berkapasitas 25.000 orang, akan penuh dengan fan yang ingin menonton langsung aksi bintang baru mereka.

Kehadiran Ronaldo diyakini akan meningkatkan minat anak-anak Saudi menjadi pesepak bola profesional. Media dunia yang selama ini rajin mengulas liga di Inggris, Spanyol dan Italia, kini mulai melirik perkembangan Liga Pro Saudi.

Melibari yang meraih gelar doktornya dari Universitas Hertfordshire ini menyakini standar Liga Saudi pun akan menjadi lebih tinggi dan lebih tinggi lagi. Liga akan menyajikan tontonan indah yang dibicarakan semua orang di seluruh negeri Saudi dan mungkin dunia.

Lalu, tulis Melibari, aspek yang paling menarik adalah Ronaldo tidak akan menjadi yang terakhir. Justru dia adalah pionir yang menciptakan jalur baru untuk diikuti oleh para pemain sepak bola top lainnya.

‘’Dan, mungkin kedatangan Ronaldo berarti suatu hari nanti orang akan berbicara tentang Liga Pro Saudi dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan tentang Liga Primer, La Liga, dan Serie A,’’ ujar Melibari mengakhiri tulisan opininya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement