Rabu 18 Jan 2023 16:18 WIB

Ada 12 Fakta Penting Jelang Derbi Della Madonnina di Piala Super Italia, Ini Rinciannya

Biasanya, tim yang meraih scudetto, lebih banyak menjadi pemenang Piala Super Italia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suporter AC Milan melakukan koreografi sebelum pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan FC Inter Milan di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, beberapa waktu lalu.
Foto: EPA-EFE/ROBERTO BREGANI
Suporter AC Milan melakukan koreografi sebelum pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan FC Inter Milan di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi kembali menjadi tuan rumah gelaran final partai bergengsi. Kali ini ada perebutan Piala Super Italia 2022.

AC Milan bertemu Inter Milan di King Fahd International Stadium, Riyadh, Kamis (19/1/2023) dini hari WIB. Sebelumnya turnamen mini Piala Super Spanyol juga berlangsung di arena berkapasitas 68 ribuan kursi itu. Barcelona menjadi pemenang setelah mengalahkan Real Madrid, 3-1 di final.

Baca Juga

Lupakan El Clasico. Kini perhatian penikmat sepak bola tertuju ke Derbi Della Madonnina. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet fakta yang terekam jelang pertempuran duo elite kota mode itu:

 

● Ini akan menjadi final Piala Super Italia ke-35 sepanjang sejarah.

 

 

● Dalam 34 kesempatan sebelumnya, AC Milan meraih tujuh gelar, kemudian Inter mengoleksi enam trofi.

 

 

● Ini akan menjadi Derbi Della Madonnina kedua dalam sejarah final Piala Super Italia.

 

 

● Biasanya, tim yang meraih scudetto, lebih banyak menjadi pemenang Piala Super, yakni sebanyak 24 kali. Sisanya, juara bertahan Coppa Italia, berjaya di 10 kesempatan.

 

 

● AC Milan gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di berbagai ajang. 

 

● AC Milan hanya sekali kalah dalam lima pertemuan terakhir kontra Inter di berbagai kompetisi. Selebihnya, Milan meraih kemenangan dan bermain imbang, masing-masing di dua kesempatan.

 

● AC Milan Hanya meraih dua kemenangan dalam enam partai terakhir di berbagai ajang. Selebihnya Rossoneri merasakan satu kekalahan dan tiga kali bermain imbang.

 

● Inter Milan akan memainkan final Piala Super Italia ke-11 sepanjang sejarah klub tersebut.

 

● Inter merupakan juara bertahan ajang ini. Musim lalu, Nerazzurri mengalahkan Juventus di San Siro.

 

● Inter hanya sekali kalah dari delapan pertandingan terakhir melawan Milan, saat pertandingan berlangsung pada bulan Januari.

 

● Jika mencetak gol di Riyadh, penyerang Inter, Edin Dzeko, atau bomber Milan, Olivier Giroud bakal melewati Cristiano Ronaldo sebagai pemain tertua yang mencetak gol di pentas ini.

 

● Inter tak terkalahkan dalam enam partai terakhir di berbagai ajang. Selebihnya, Nerazzurri meraih lima kemenangan dan sekali bermain imbang.

 

● Gawang Inter hanya dua kali tidak kebobolan dalam delapan partai terakhir di berbagai ajang.

 

● Jika dihitung dari berbagai kompetisi resmi, Derbi Della Madonnina sudah berlangsung dalam 233 pertandingan. Inter Milan meraih 85 kemenangan. AC Milan unggul di 79 laga. Sisanya, 69 duel berkesudahan imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement