Jumat 20 Jan 2023 19:12 WIB

Membanggakan, Ginting Lewati Li Shi Feng Menuju Semifinal India Open 2023

Ginting menang 21-11, 17-21, 21-18.

Indonesia
Foto: AP Photo/Altaf Qadri
Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak semifinal India Open 2023 setelah mengalahkan Li Shi Feng pada perempat final di New Delhi, Jumat (20/1/2023). 

Tunggal putra peringkat tiga dunia itu menyudahi wakil China dengan rubber game 21-11, 17-21, 21-18, seperti dilansir laporan Federasi Badminton Dunia (BWF) pada laman resminya.

Baca Juga

Ginting langsung bermain nyaman sejak awal pertandingan. Ia hanya butuh penyesuaian dalam waktu singkat sebelum mampu memberikan tekanan kepada Li lewat strateginya yang matang.

Ia bermain dengan sabar dan tak terburu-buru mematikan lawan. Sementara Li yang sudah berada dalam kendali Ginting, kesulitan untuk mendulang poin akibat pola permainannya yang terlalu monoton dan mudah terbaca.

Pertemuan perdana tersebut nyatanya juga memberi keuntungan untuk mengemas keunggulan. Li terlihat kesulitan dalam membaca strategi dan teknik yang disajikan Ginting.

photo
Indonesias Anthony Sinisuka Ginting plays against Chinas Li Shi Feng during the mens singles quarterfinal match at the Yonex Sunrise India Open Badminton in New Delhi, India, Friday, Jan. 20, 2023. Anthony won the match 21-11, 17-21, 21-18. - (AP Photo/Altaf Qadri)

Bahkan strategi serupa mampu memberikan delapan poin beruntun pada interval kedua, yang berujung pada kemenangan gim poin.

Berulang kali pukulan menyilang dan trik tipuan yang dilayangkan Ginting tak bisa dihalau lawan. Keunggulan mampu dipertahankan sejak awal hingga akhir gim pertama yang dimainkan dalam 18 menit.

Memasuki gim kedua, Ginting masih merasa nyaman dengan strategi sebelumnya. Ia pun bisa memimpin hingga 7-4 sebelum disusul oleh Li yang merebut lima poin beruntun menjadi 7-9.

Ginting yang semula bermain tanpa kendala, mulai kesulitan mencari pola yang tepat karena lawannya telah bermain lebih agresif dari sebelumnya. Li kini bermain pada zona depan untuk menghadang kok secara cepat.

Hal itu membuat Ginting kurang siap untuk melakukan pengembalian, yang membuat Li dengan mudah mematikan pukulan dan memetik poin.

Keunggulan kembali diamankan pada gim ketiga. Kali ini Ginting lebih berani bermain di zona depan untuk mengimbangi lawan yang bermain ngotot.

Pada posisi tersebut, Ginting masih mampu memberikan pengembalian tipuan yang menjadi andalan. Ia juga sanggup menggeser posisinya ke zona belakang terutama saat akan melesatkan smes.

Li yang sempat memimpin 6-10, berbalik tertinggal berkat perolehan tujuh poin berturut-turut yang dipetik Ginting. Wakil Indonesia pun memimpin dengan 13-10 atas Li.

Keunggulan mampu dijaga meski masih dibayangi Li yang terus mengejar perolehan poin. Akhirnya Ginting menutup pertandingan lewat smes ganda yang menyudahi perlawanan Li setelah berlaga selama 65 menit.

Dengan kemenangan tersebut, Ginting menjadi wakil Indonesia pertama yang mengamankan tiket semifinal pada turnamen berkategori BWF Super 750 itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement