Sabtu 21 Jan 2023 17:35 WIB

Nyali Erick Thohir Bersihkan PSSI, Perjuangan Membangun Sepak Bola Berprestasi

Untuk memimpin PSSI perlu membutuhkan nyali besar.

Nyali Erick Thohir Bersihkan PSSI, Perjuangan Membangun Sepak Bola Berprestasi. Foto: Erick Thohir
Foto: Republika
Nyali Erick Thohir Bersihkan PSSI, Perjuangan Membangun Sepak Bola Berprestasi. Foto: Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bertekad membangun olahraga sepak bola nasional yang berprestasi mulai dari membersihkan internal PSSI.

“Karena itu saya waktu mendaftarkan statement saya simple sudah banyak teori, banyak konsep, ini perlu nyali aja, nyali dalam arti supaya sepak bola kita bersih dan berprestasi,” ujar Erick Thohir dalam sebuah dialog di tv swasta, dikutip, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga

Menurutnya, untuk memimpin PSSI perlu membutuhkan nyali besar, pasalnya ketika sudah membuat keputusan mesti menuai pro dan kontra baik itu di internal PSSI maupun di masyarakat.

“Kenapa saya bicara nyali, karena pasti banyak keputusan yang akan terjadi itu juga banyak kontroversinya, nanti pemilihan pemain kenapa memilih pemain ini, kenapa wasit ini dipertahankan padahal sudah punya performance kemarin di game sebelumnya jelek kenapa pelatih timnas seperti ini kemarin baru saja kalah ini kan pasti kontroversi,” ungkapnya.

“Selalu kontroversi, nah jadi artinya perlu nyali untuk mengambil keputusan yang baik, bukan untuk kepentingan diri sendiri,” sambung mantan Bos Inter Milan itu.

Erick Thohir menceritakan bagaimana pengalamannya saat pertama kali ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri BUMN, hal yang pertama dilakukan ialah melakukan bersih-bersih.

“Kalau kita bicara di BUMN apa sih yang pertama saya lakukan bersih-bersih juga bersih-bersih BUMN itu yang perlu namanya keteguhan supaya tidak conflik of interest bagaimana BUMN nya bisa baik,” tegasnya.

Erick mengaku, maju sebagai calon ketua umum sudah atas persetujuan dari Presiden Jokowi dan diminta untuk membangun sepak bola Indonesia ke depan menjadi berprestasi.

“Ini banyak sekali yang ingin mendaftarkan (ketua PSSI) pandangan Bapak (Jokowi) apa? ya bagus ini sudah saatnya bagaimana PSSI dan pemerintah bersama sama membangun sepak bola Indonesia, silahkan,” kata Erick menirukan ucapan Presiden Jokowi kepadanya.

“Saya kira ini cita-cita yang baik buat semua jangan juga cita-cita membangun sepak bola nasional ini menjadi tentu target individu tidak, ini harus bangkit bersama,” imbuh Erick.

Lanjut Erick menjelaskan nyali bukan melawan seorang individu melainkan membongkar sebuah sistem lama yang dinilai kurang baik dengan menerapkan fondasi baru yang lebih baik.

“Yang dilawan ini kan sistem bukan individu, kita dalam hal ini bukan bertarung tapi kita memang harus bongkar dan pasang fondasi yang baik, pasti itu ada hal-hal yang tidak menggembirakan semua pihak tapi ya kita harus hadapi,” terangnya.

Lebih lanjut Erick mengatakan, masyarakat Indonesia sudah lama sangat merindukan sepak bola Indonesia berprestasi dan marah terhadap PSSI, oleh karenanya langkah yang harus dilakukan membersihkan PSSI terlebih dahulu.

“Ini bukan masalahnya karena apa-apa karena ini sudah terlalu lama masyarakat Indonesia berharap sepak bola yang seperti mereka persepsikan baik terutama kita harus awali dengan sepak bola yang bersih itu aja dulu,” jelasnya.

“Sepak bola yang bersih itu dulu,” tegas Erick.

Erick Thohir memang dikenal publik sebagai pemimpin yang berani, hal itu tercermin dari jargon bersih-bersih di Kementerian BUMN. Hal itu seperti yang dikatakan Ketua B.E.D.A Tsamara Amany membuat optimisme dan harapan baru tumbuh di pundak Erick Thohir karena dianggap bernyali untuk melakukan pembenahan PSSI dan sepak bola Indonesia.

“Pertama, Pak Erick ini punya nyali sebagaimana yang beliau katakan, orang semua bisa mengatakan orang punya nyali berkali-kali, orang semua bisa mengatakan untuk perubahan sepakbola Indonesia tapi belum tentu mereka berani melakukan,” tuturnya.

Menurut Tsamara makna punya nyali yang diusung Erick Thohir dalam pembenahan PSSI sudah sangat terlihat jelas dalam tugas Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

Kerja nyata itu semakin membuat Tsamara yakin kalau Erick Thohir jadi sosok yang tepat untuk membenahi PSSI dan sepakbola Indonesia.

“Kalau saya bagaimana melihat kinerja seseorang kita selalu melihat rekam jejaknya, apa yang orang ini pernah lakukan, benar tidak orang ini bernyali. Dan kita dari B.E.D.A. melihat juga, ketika Pak Erick memimpin BUMN, Pak Erick baru masuk itu hal pertama ini lakukan bersih-bersih BUMN. Beliau mengganti struktur di BUMN dengan orang-orang profesional, beliau juga berani memperkarakan kasus Jiwasraya ke Jaksa Agung karena beliau ingin berbagai kasus korupsi selesai,” ungkap Tsamara.

Di samping jiwa kepemimpinannya, Tsamara menilai juga bahwa Erick Thohir sangat-sangat berkompeten mengurusi sepakbola.

Track record Erick Thohir di dunia olahraga antara lain Ketua Panitia Penyelenggara ASIAN Games 2018, pemilik klub basket Satria Muda, pernah menjadi Presiden Inter Milan, Major League Soccer dan D.C United.

Dengan latar belakang yang dimiliki Erick Thohir, Tsamara meyakini tidak ada yang bisa menandingi Erick Thohir dalam bursa pemilihan calon Ketum PSSI nanti.

“Tidak hanya kompeten, kalau kompeten kita sudah tahu lah, siapa sih yang bisa mendebat kompetensinya Pak Erick. Saya berani bilang seluruh calon yang ada di PSSI sekarang dikumpulkan lawan Pak Erick. Sekarang mungkin kalau bicara soal CV latar belakang sepakbola, tidak ada yang bisa mengalahkan Pak Erick. Itu pasti, tapi yang pasti yang lebih jelas lagi, kompetensi beliau, nyali beliau, kemampuan beliau untuk mengubah sepakbola Indonesia sebagaimana beliau bisa mengubah BUMN kita menjadi kementerian yang lebih sehat,” papar Tsamara.

“Karena beliau punya nyali, berprestasi, kompeten jadi harus bisa juga kita minta tolong turun membantu sepakbola kita, supaya kita sebagai fans tidak terus menderita tapi jadi fans yang sekali-kali bangga melihat Indonesia menang di kancah internasional,” tuntasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement