Rabu 25 Jan 2023 10:08 WIB

Tampil Apik di Markas Southampton, Kiper Newcastle Dianggap yang Terbaik Sedunia

Kini Newcastle menatap final pertama mereka sejak 1976.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Penjaga gawang Inggris dan Newcastle United Nick Pope.
Foto: EPA-EFE/VINCENT MIGNOTT
Penjaga gawang Inggris dan Newcastle United Nick Pope.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Newcastle United sukses membungkam Southampton, 1-0, pada leg pertama babak semifinal Piala Liga Inggris, Rabu (25/1/2023) dini hari WIB. Gol kemenangan The Magpies dalam laga lawatan ke markas The Saints, Stadion Saint Mary, tersebut dicetak Joelinton pada menit ke-73.

Terlepas dari keberhasilan Joelinton mencetak gol kemenangan di laga tersebut, keberhasilan The Magpies menorehkan kemenangan di laga ini tidak terlepas dari performa apik Nick Pope di bawah mistar gawang Newcastle United. 

Baca Juga

Penjaga gawang asal Inggris itu tercatat melakukan tiga penyelamatan gemilang pada sepanjang laga tersebut, termasuk menggagalkan dua peluang emas yang didapatkan penyerang Southampton, Che Adams, pada babak kedua. Torehan clean-sheet di laga ini sekaligus menajamkan rekor Pope.

Penjaga gawang berusia 30 tahun itu mencatatkan clean-sheet di 10 laga terakhir bersama The Magpies. Terakhir, Pope gagal menjaga gawangnya tetap perawan saat The Magpies membungkam Southampton, 4-1, di laga lanjutan Liga Primer Inggris, awal November silam.

Atas aksi impresifnya di laga tersebut, Pope banjir pujian. Bahkan, pujian ini datang dari pelatih Southampton, Nathan Jones. Menurutnya, mantan penjaga gawang Burnley itu termasuk dalam barisan penjaga gawang terbaik di pentas Liga Primer Inggris.

''Dalam hal kemampuan penguasaan kendali atas gawang, membuat bola terus menjauh dari kotak penalti, dan penyelamatan gemilang, dia dapat dikategorikan sebagai salah satu kiper terbaik di pentas Liga Primer Inggris,'' kata Jones seusai laga seperti dilansir Daily Mail, Rabu (25/1/2023).

Tidak hanya Jones, pujian terhadap Pope juga datang dari rekan setimnya di Newcastle United, Bruno Guimaraes. Gelandang bertahan asal Brasil itu dengan cukup yakin menyebut Pope sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Eks gelandang bertahan Lyon itu menilai, torehan clean sheet di laga ini sama pentingnya dengan keberhasilan mencetak gol.

''Satu gol itu cukup penting. Kami mungkin bisa mencetak gol tambahan, tapi satu gol di kandang lawan sudah cukup penting. Saya ingin berterima kasih kepada Nick Pope. Saya rasa, dia adalah penjaga gawang terbaik di dunia,'' ujar Guimaraes kepada Sky Sports selepas laga.

Pun dengan sanjungan pelatih Newcastle United, Eddie Howe, terhadap Pope, yang direkrut Newcastle United dari Burnley pada awal musim ini. ''Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi soal kemampuan dia (Pope). Dia adalah kiper yang brilian,'' tutur pelatih asal Inggris tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement