Rabu 25 Jan 2023 17:46 WIB

Persija Jakarta Berikan Kekalahan Menyakitkan untuk PSM Makassar

Kemenangan itu membawa Persija ke puncak klasemen sementara.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta mengamankan tiga poin saat menjamu PSM Makassar pada pekan ke-20 Liga 1 2022/2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (25/1/2023) sore WIB. Persija meraih kemenangan telak dengan skor 4-2 atas PSM Makassar. Kemenangan itu membawa Persija ke puncak klasemen sementara.

Persija ingin mempertahankan rekor tak terkalahkan di kandang saat menghadapi PSM. Macan Kemayoran bermain agresif sejak menit awal dan banyak menggunakan umpan-umpan panjang untuk menciptakan peluang dari serangan balik cepat. Sejak menit awal, Persija jelas tidak memberi ampun.

Baca Juga

Persija akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-21. Berawal dari umpan panjang yang diterima Riko Simanjuntak di sisi kanan serangan, kemudian dengan tenang ia melepaskan umpan tarik. Yusuf Helal berhasil mengeksekusinya dengan baik dari tengah kotak penalti. Skor 1-0 untuk Persija.

PSM hampir menyamakan kedudukan di menit ke-45, Kenzo Nambu berhasil melepaskan tembakan dari sudut sempit ke arah gawang. Beruntung Hansamu Yama berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola melewati garis gawang. Juku Eja terus menggempur pertahanan Persija dalam beberapa waktu, tapi belum ada yang membuahkan gol.

Aji Kusuma menggandakan keunggulan Persija atas PSM di menit ke-36. Riko lagi-lagi kembali menjadi assist untuk gol kedua Persija. Ia dengan baik mengarahkan bola kepada Aji setelah merebut bola liar dari Yuran Fernandes. Aji sempat mendapat gangguan dari bek maupun kiper tapi tetap berhasil mengarahkan bola ke gawang setelah melakukan solo run ke area kotak penalti. Skor 2-0 untuk Persija.

PSM langsung menekan di awal babak kedua. Everton menciptakan peluang bagi rekan setimnya di area kotak penalti. Tapi masih bisa dihalau oleh pemain belakang Persija. Wiljan Pluim kemudian memberikan umpan lambung ke kotak penalti tapi bola lebih dekat kepada Andritany dan dengan mudah diamankan oleh kiper tersebut.

Di menit ke-50, Yuran hampir memperkecil ketertinggalan saat ia menerima umpan tendangan sudut. Tapi beruntung bagi Persija, arah tandukan bola dari Yuran masih meleset dari gawang meskipun ia sudah berdiri tanpa penjagaan. Tapi Aji justru menambah keunggulan Persija menjadi 3-1 di menit ke-54.

Di menit ke-67 Everton berhasil memperkecil ketertinggalan saat ia memaksimalkan umpan Ramadhan Sananta dengan back heel di depan gawang Persija. Andritany tidak bisa mengantisipasi bola tersebut. Skor sementara berubah menjadi 1-3 masih untuk keunggulan Persija.

PSM terus menyerang untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, apa yang diharapkan justru tidak terjadi bagi PSM. Juku Eja semakin tertinggal ketika Yusuf Helal mencetak gol dari situasi tendangan bebas yang diambil oleh Abimanyu dengan menggeser bola kepada Yusuf dan langsung melepaskan tembakan langsung ke gawang. Skor 4-1 untuk Persija Jakarta.

PSM berhasil memperkecil ketertinggalan di menit-menit akhir. Itu tercipta dari tembakan Rasyid Bakri yang memaksimalkan bola rebound dari tembakan yang ditepis oleh Andritany. Skor berubah 4-2.

Susunan pemain kedua tim:

Persija:

Andritany Ardhiyasa (kiper); Firza Andika, Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Muhammad Ferrari; Resky Fandi, Hanif Sjahbandi, Alfriyanto Nico, Riko Simanjuntak; Aji Kusuma, Abdulla Yusuf Helal.

Pelatih: Thomas Doll

PSM:

Reza Pratama (kiper); Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Agung Mannan; M Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement