Kamis 26 Jan 2023 09:30 WIB

Ten Hag Bahagia dengan Ukiran Gol Pertama Weghorst untuk United

Weghorst juga dinilai memiliki peran penting dalam proses terjadinya gol United.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Manajer Manchester United Erik ten Hag.
Foto: EPA-EFE/TOLGA AKMEN EDITORIAL USE ONLY.
Manajer Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, NOTTINGHAM -- Wout Weghorst akhirnya membuka rekening gol buat Manchester United. Penyerang pinjaman dari Burnley itu menyumbang satu gol saat United membungkam Nottingham Forest, 3-0, pada leg pertama babak semifinal Piala Liga Inggris, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.

Datang pada pertengahan bulan ini, Weghorst akan menjalani masa peminjaman bersama United hingga akhir musim ini. Penyerang berusia 30 tahun itu pun melakoni debut bersama United kala Setan Merah ditahan imbang Crystal Palace, 1-1, dua pekan lalu. Selain itu, penyerang asal Belanda itu juga sempat diturunkan kala United dibekap Arsenal, 2-3, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Meski tampil sebagai starter di dua laga tersebut, Weghorst gagal mencetak gol buat Setan Merah. Penantian eks penyerang AZ Alkmaar itu pun berakhir di laga semifinal Piala Liga Inggris. Tepat saat laga menginjak menit terakhir babak pertama, Weghorst mencatatkan namanya di papan skor.

Weghorst mencetak gol kedua United dalam laga di Stadion City Ground itu usai memanfaatkan bola rebound hasil halauan kiper Forest, Wayne Hennessey, terhadap sepakan keras Anthony. Weghorst yang berada di dalam kotak penalti langsung menyambar bola tersebut dan mengarahkannya ke gawang.

Tidak hanya Weghorst, pelatih Manchester United, Erik ten Hag, pun menyambut baik gol tersebut. Ten Hag menilai, setiap torehan gol yang dicetak oleh penyerang akan  meningkatkan kepercayaan diri pemain tersebut. Kondisi ini juga berlaku buat Weghorst.

''Gol itu sangat penting buat dirinya dan kepercayaan dirinya. Dia sudah melakukan pekerjaan yang cukup baik di laga kontra Crystal Palace dan Arsenal dengan semua pressing dan pergerakannya,'' kata Ten Hag seperti dilansir BBC, Kamis (26/1/2023).

Kontribusi Weghorst, ujar Ten Hag, sebenarnya tidak hanya melulu soal torehan gol. Di dua laga terakhir, Weghorst dinilai memiliki peran penting dalam proses terjadinya gol United. Pergerakan Weghorst menjadi bagian dari skema terjadinya gol Bruno Fernandes ke gawang Crystal Palace. 

Tidak hanya itu, Weghorst juga mampu menarik perhatian para penggawa Arsenal, yang akhirnya membuka jalan buat Marcus Rashford mencetak gol ke gawang The Gunners. Kendati begitu, Ten Hag juga mengakui, kinerja penyerang memang dinilai dari torehan gol.

''Kehadiran penyerang memang untuk mencetak gol. Saat mereka tidak mencetak gol, maka mereka tidak akan senang. Namun, saya tahu, kemampuannya dalam mencetak gol. Dia memiliki catatan performa yang bagus dalam mencetak gol,'' ujar pelatih asal Belanda tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement