Kamis 26 Jan 2023 13:51 WIB

Tegasnya Presiden Milan: Kami Punya Proyek Stadion Sendiri Kok Sebenarnya

Milan dan Inter Milan ramai dibincangkan akan bangun stadion bersama.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden AC Milan Paolo Scaroni.
Foto: unostream.tv
Presiden AC Milan Paolo Scaroni.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Presiden AC Milan, Paolo Scaroni, menegaskan kembali ambisi manajemen klub untuk membangun stadion baru sebagai kandang I Rossoneri. Setidaknya ada tiga proyek yang tengah dikerjakan secara paralel oleh manajemen I Rossoneri terkait rencana pembangunan stadion baru tersebut.

Selama ini, dua klub terbesar asal Kota Milan, AC Milan dan Inter Milan, diketahui menggunakan Stadion San Siro sebagai kandang atau homebase dalam menjamu lawan-lawannya. Stadion berkapasitas maksimum 80 ribu penonton itu pun masih menjadi milik Pemerintah Kota Milan.

Baca Juga

Pada 2019 silam, kedua klub ini kemudian berinisiatif untuk membangun stadion baru sebagai pengganti Stadion San Siro. Nantinya, stadion tersebut akan berdiri berdekatan dengan Stadion San Siro. Sejak 2021, kedua klub terus berkoordinasi dengan Dewan Kota Milan terkait rencana ini, termasuk pemugaran sebagian Stadion San Siro.

Kendati begitu, Milan ternyata sudah menyiapkan rencana tersendiri. Scaroni menegaskan, selain proyek tersebut, manajemen I Rossoneri juga sudah menyiapkan rencana pembangunan stadion di Sesto San Giovanni, sebuah kawasan metropolitan di Milan. Pun dengan sebuah rencana yang masih dikerjakan.

''Kami mengerjakan tiga proyek secara paralel. Satu di Sesto San Giovanni, dan satu lagi, saya belum bisa mengatakannya, karena masih dirahasiakan. Namun, jika nantinya bukan di San Siro, Milan bersedia untuk melakukannya sendiri (membangun stadion anyar),'' ujar Scaroni seperti dilansir Football Italia, Kamis (26/1/2023).

Scaroni pun memastikan, Milan akan memiliki stadion sendiri pada masa mendatang. Begitu sudah mendapatkan lampu hijau, maka pengerjaan stadion baru itu akan segera dilaksanakan. Kehadiran stadion baru ini, ujar Scaroni, memiliki peran penting dalam mendongkrak pendapatan klub.

''Saya bisa pastikan, Milan akan memiliki stadion baru. Apabila salah satu dari tiga proyek dan rencana itu bisa berjalan, maka kami akan langsung melakukannya. Milan akan mengumpulkan dana sebesar 40 juta euro untuk stadion baru. Bagaimana kami bisa bersaing tanpa pemasukan yang besar? Karena itu, kami membutuhkan stadion baru,'' kata Scaroni.

Terkait sumber pembiayaan untuk pembangunan stadion baru, Scaroni mengaku tidak khawatir. Dengan melontarkan klaim Milan sebagai klub asal Italia paling terkenal sejagat, Scaroni yakin bisa menemukan solusi soal dana pembangunan stadion anyar. Terlebih, keuangan Milan dinilai cukup sehat.

''Kami menghasilkan 60 juta euro dan keuangan kami berada dalam kondisi yang bagus. Brand ini (Milan) terus berkembang. Kami adalah klub asal Italia paling terkenal di seluruh dunia,'' kata Scaroni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement