Kamis 26 Jan 2023 13:30 WIB

Erik Ten Hag Senang Wout Weghorst Bisa Cetak Gol dalam Debutnya

Penting bagi Weghorst sebagai seorang striker untuk bisa mencetak gol.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Wout Weghorst, striker dari Manchester United (kiri), setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Piala Liga melawan Nottingham Forest di City Ground, Nottingham, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.
Foto: Tim Goode/PA via AP
Wout Weghorst, striker dari Manchester United (kiri), setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Piala Liga melawan Nottingham Forest di City Ground, Nottingham, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag senang striker Man United, Wout Weghorst, mampu menunjukkan kemampuan dengan mencetak gol pertamanya untuk klub dalam kemenangan leg pertama semifinal Piala Carabao (Piala Liga) di Nottingham Forest. Ten Hag sudah senang dengan kontribusi pemain Belanda itu sejak tiba dengan status pinjaman dari Burnley awal bulan ini.

Namun, untuk semua pekerjaan tak terlihat yang telah dilakukan Weghorst dalam menciptakan peluang bagi orang lain, Ten Hag tahu pemain berusia 30 tahun itu akan lebih puas dengan mencetak gol untuk dirinya sendiri dalam kemenangan 3-0. Weghorst menunjukkan naluri penyerang yang nyata untuk menerkam bola lepas setelah Wayne Hennessey menyelamatkan tembakan Antony sebelum paruh waktu.

Baca Juga

"Penting baginya dan untuk kepercayaan dirinya bahwa dia mencetak gol itu," kata Ten Hag dikutip dari BBC, Kamis (26/1/2023). "Dia melakukan pekerjaan hebat di Crystal Palace dan Arsenal dengan tekanan, target, dan pergerakannya."

Menurut Ten Hag, Weghorst adalah bagian dari gol Bruno Fernandes di Crystal Palace karena sang striker membuat gerakan yang tepat ke tiang depan. "Dia adalah bagian dari gol (Marcus) Rashford di Arsenal karena dia menyeret bek tengah menjauh. Tapi striker ada untuk mencetak gol dan ketika mereka tidak mencetak gol, mereka tidak senang," ujarnya menambahkan.

Di samping itu, Rashford telah membuat golnya setelah Piala Dunia 2022 menjadi 10 gol beruntun. Rashford pun mencetak gol pembuka yang sensasional ke gawang Forest.

Rashford menguasai bola di daerahnya sendiri sebelum berlari ke kotak penalti Forest dan mengalahkan Hennessey dengan tendangan kaki kiri yang keras yang bisa dibandingkan dengan usaha mengesankan Ryan Giggs di laga ulangan semifinal Piala FA 1999.

Ten Hag setuju bahwa hanya ada sedikit pemain yang sedang dalam performa bagus saat ini.

"Saya senang dengan penampilan Marcus dan perkembangannya. Sejak awal musim dia berkembang. Apa yang harus kami tuju bersamanya, dan dia bertanggung jawab. Itu adalah menjaga proses ini tetap berjalan. Jika dia dalam mood seperti ini, dengan semangat ini, dia tak terbendung," kata Ten Hag menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement