Kamis 26 Jan 2023 20:45 WIB

Piala Dunia Jadi Berkah Investasi Jangka Panjang untuk Qatar

Infrastruktur yang terbangun untuk Piala Dunia dimanfaatkan untuk warga lokal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Pangeran Jassim bin Hamad bin Khalifa Al Thani (kiri) bertepuk tangan saat Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memberi jubah tradisional Arab Bisht pada Lionel Messi dari Argentina di sebelah presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) selama upacara penghargaan untuk Piala Dunia FIFA 2022 Final antara Argentina dan Prancis di stadion Lusail, Lusail, Qatar, Ahad, 18 Desember 2022.
Foto:

"Sejumlah besar proyek infrastruktur dipercepat karena Piala Dunia, termasuk jalan bebas hambatan baru, Metro Doha, dan perluasan Bandara Internasional Hamad," kata Al Mawlawi.

Ke depan, infrastruktur yang dikembangkan untuk Piala Dunia ini akan terus bermanfaat bagi masyarakat lokal di tahun-tahun mendatang.

"Setiap stadion mencerminkan budaya dan warisan Qatar dan wilayahnya. Dan yang lebih penting lagi, fasilitas yang dikembangkan di kawasan stadion melayani dan mempromosikan masyarakat lokal," kata dia.

Piala Dunia memang bisa menjadi batu loncatan bagi setiap tuan rumah untuk dikenal luas oleh penduduk dunia. Jutaan orang berada di Qatar selama sebulan untuk menyaksikan pesta bola.

Angka-angka di balik turnamen ini sangat besar: 3,4 juta tiket terjual, 1,4 juta pengunjung secara keseluruhan, 18,2 juta perjalanan dengan Metro Doha dan Trem Lusail. Lebih dari 1,8 juta orang menghadiri FIFA Fan Festival. Final ditonton oleh sekitar 3,5 miliar penonton, sementara lebih dari 5 miliar orang terlibat dalam turnamen tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement