Selasa 31 Jan 2023 19:29 WIB

Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman tidak Masuk Daftar Calon Sementara Exco PSSI

5 orang, termasuk Iwan Budian dan Azrul Ananda, tercoret dari daftar calon sementara.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Bambang Pamungkas tidak masuk dalam daftar calon sementara Exco PSSI.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Bambang Pamungkas tidak masuk dalam daftar calon sementara Exco PSSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman dinyatakan tidak lolos verifikasi syarat kelengkapan untuk masuk ke dalam daftar calon sementara (DCS) Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2023-2027. Mantan pemain timnas Indonesia adalah dua dari lima nama calon wakil ketua umum PSSI yang masuk DCS yang diumumkan oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI pada Selasa (31/1/2023).

Ketua KP PSSI Amir Burhanuddin mengatakan pihaknya telah melakukan verifikasi dokumen, termasuk menerima hasil verifikasi integritas para bakal calon dari Komite Disiplin PSSI sejak tanggal 25 hingga 30 Januari 2023. Dalam verifikasi dokumen para bakal calon itu, kata dia, ada dinamika hebat yang terjadi di internal KP.

Baca Juga

"Perlu kami informasikan bahwa dalam verifikasi, dinamika sangat kuat di internal kami, terutama terkait dengan ketelitian, serta syarat syarat lain yang disyaratkan di statuta. Bahkan beberapa kali rapat KP sempat terjadi beberapa kali deadlock," kata Amir kepada wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Selasa (31/1/2023).

Namun, kata dia, setelah dilakukan penajaman dan pendalaman dokumen yang diperdebatkan, akhirnya komite pemilihan dapat menuntaskan tahapan verifikasi ini dengan baik. Untuk posisi wakil ketua umum PSSI, ada lima nama dinyatakan tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding. Mereka adalah Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, Achsanul Qosasih dan Iwan Budianto.

"Dari hasil verifikasi yang bersangkutan dinilai tidak memenuhi persyaratan dokumen yang diatur dalam Statuta PSSI 2019. Empat nama tidak memberikan lembar konfirmasi ketersediaan dengan bahasa awam atau interpretasi dari KP yang bersangkutan tidak bersedia, dan satu nama berkas dukungan dicabut klub pengusungnya," kata Amir.

Berikut adalah nama-nama calon wakil ketua umum PSSI yang masuk dalam daftar calon sementara:

1. Ahmad Riyadh 

2. Ahmad Syauqi 

3. Andre Rosiade

4. Doni Setiabudi 

5. Duddy S. Sutandi

6. Fary Djemy Francis 

7. Gede Widiade

8. Hasani Abdulgani

9. Hasnuryadi Sulaiman 

10. Juni Rachman 

11. Maya Damayanti

12. Ratu Tisha 

13. Sadikin Aksa 

14. Yesayas Oktavianus 

15. Yunus Nusi 

16. Zainudin Amali 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement