Rabu 01 Feb 2023 15:57 WIB

Tinggalkan Chelsea yang Sedang Susah Demi Arsenal, Jorginho Realistis

Pengkhianatan Jorginho menjadi sorotan di bursa transfer ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Jorginho saat masih berjaya dengan Chelsea. Jorginho kini resmi dimiliki Arsenal.
Foto: AP/Florian Schroetter
Jorginho saat masih berjaya dengan Chelsea. Jorginho kini resmi dimiliki Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal resmi mendatangkan gelandang bertahan asal Italia, Jorginho, dari sesama klub asal London, Chelsea. Dengan biaya transfer dikabarkan mencapai 13.5 juta euro, termasuk berbagai bonus, Jorginho terbang dari London Barat, markas Chelsea, menuju sisi lain kota London, markas Arsenal, yang berada di London Utara.

Jorginho meninggalkan Chelsea dengan sisa kontrak sekitar lima bulan lagi bersama The Blues. Manajemen Chelsea pun akhirnya melepas Jorginho pada bursa transfer pertengahan musim ini, ketimbang kehilangan eks gelandang bertahan Napoli itu dengan status free transfer pada akhir musim ini.

Baca Juga

Gelandang bertahan berusia 31 tahun itu pun membeberkan alasan menerima pinangan Arsenal pada pertengahan musim ini. Kehadiran Mikel Arteta di kursi pelatih The Gunners ternyata menjadi salah satu pertimbangan utama Jorginho untuk merapat ke Arsenal.

Jorginho mengaku sempat mengetahui ketertarikan Arteta untuk merekrutnya pada beberapa waktu lalu. Namun, setelah menemui berbagai kegagalan, Arteta akhirnya bisa bekerjasama dengan Jorginho. Keseriusan pelatih asal Spanyol itulah yang membuat Jorginho kian yakin bergabung bersama Arsenal.

''Dia jadi salah satu pengaruh terbesar, karena saya tahu dia sudah beberapa kali merekrut saya. Sayangnya, hal itu pernah terjadi karena berbagai alasan, tentu saja bukan karena keinginan saya. Jadi, dia punya pengaruh besar (dalam kepindahan ke Arsenal),'' kata Jorginho di laman resmi Arsenal seperti dikutip Football Italia, Selasa (1/2/2023).

Perekrutan Jorginho ini menjadi salah satu sorotan terbesar di bursa transfer pemain pada pertengahan musim ini, terutama di pentas Liga Primer Inggris. Pasalnya, negosiasi antara Arsenal dan Chelsea soal kepindahan Jorginho bisa dibilang luput dari perhatian media-media Inggris.

Kabar kepindahan Jorginho mulai santer terdengar pada dua hari terakhir jelang penutupan bursa transfer pertengahan musim ini. Kabar itu kemudian ditutup dengan pengumuman resmi dari Arsenal soal keberhasilan mendatangkan pemain yang diboyong Chelsea dari Napoli dengan banderol 57 juta euro pada 2018 silam tersebut.

Jorginho pun mengaku terkejut dengan singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kepindahan tersebut. ''Saya sangat tertarik dengan tantangan baru ini. Saya sudah tidak sabar berada di atas lapangan. Semuanya berjalan begitu cepat. Saya pun cukup terkejut. Namun, saya siap memanfaatkan kesempatan dan tantangan luar biasa ini,'' kata pemain kelahiran Brasil tersebut. 

Prestasi terbaik Jorginho selama memperkuat The Blues adalah kala sukses merengkuh gelar Liga Champions pada akhir musim 2020/2021. Kesuksesan ini kemudian dilengkapi Jorginho dengan keberhasilan mengantarkan Timnas Italia merengkuh titel Piala Eropa 2020.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement