Kamis 02 Feb 2023 13:30 WIB

AS Roma Disingkirkan Tim Gurem, Mourinho Sudah Belajar untuk tak Menangis Setelah Kalah

Jose Mourinho menilai Roma belum memiliki kedalaman skuad mumpuni.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kejutan terjadi pada perempat final Coppa Italia musim 2022/2023. AS Roma kalah 1-2 dari Cremonese di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB.

Hasil demikian membuat pelatih tuan rumah, Jose Mourinho, kecewa berat. Itu perasaan yang lumrah. Namun ia merasa selalu melewati situsi seperti ini dengan tenang.

Baca Juga

"Begitulah. Selama bertahun-tahun saya sudah belajar untuk tidak menangis setelah kalah dan malah menantikan pertandingan berikutnya," kata Mourinho, dikutip dari laman resmi klubnya.

Sang arsitek mencoba melihat dari sisi obyektif. Menurutnya, secara tim Roma tampil buruk pada babak pertama. Selepas turun minum, Giallorossi bereaksi dengan baik.

Namun, kesalahan individu membuat tuan rumah kebobolan lagi. Ia merotasi skuadnya. Mourinho enggan menjadikan itu sebagai alasan.

"Pertandingan ini sudah berakhir. Yang lain bisa berkomentar atau bereaksi apa pun yang mereka suka. Pekerjaan saya adalah fokus ke laga berikutnya," ujar eks juru taktik Tottenham Hotspur ini.

Mourinho buka-bukaan tentang kondisi timnya. Roma belum memiliki kedalaman skuad mumpuni. Namun rotasi tak terhindarkan.

Pelatih asal Portugal itu bisa saja memainkan sosok seperti Paulo Dybala, Tammy Abraham, hingga Nemanja Matic sejak awal. Namun itu terlalu berisiko. Jika terus dipaksa tampil di berbagai pertandingan, maka para pemain inti berpotensi mendapat cedera panjang.

"Jika saya tidak merotasi pemain dan kemudian mereka cedera, itu menjadi masalah. Jika saya merotasi mereka, tim tidak bermain dengan baik, itu juga menjadi masalah karena kami tersingkir," jelas Mourinho apa adanya.

Saatnya Roma berkonsentrasi ke pertandingan di depan mata. Akhir pekan ini, I Lupi akan menjamu Empoli di Stadion Olimpico dalam lanjutan Serie A Italia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement