Kamis 02 Feb 2023 15:18 WIB

Akhirnya MU Cicipi Final, Ini Data dan Fakta Laga United vs Forest

Ini adalah final pertama MU sejak 2017.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kiper Nottingham Forests Wayne Hennessey, benar, melakukan penyelamatan dari pemain Manchester United Wout Weghorst selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Nottingham Forest di Old Trafford di Manchester, Inggris, Rabu, 1 Februari 2023.
Foto: AP/Dave Thompson
Kiper Nottingham Forests Wayne Hennessey, benar, melakukan penyelamatan dari pemain Manchester United Wout Weghorst selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Nottingham Forest di Old Trafford di Manchester, Inggris, Rabu, 1 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United akhirnya bakal kembali merasakan tampil di partai final sebuah turnamen. United dipastikan bakal tampil di Stadion Wembley dalam partai final Piala Liga Inggris, 26 Februari mendatang. Di laga tersebut, United akan ditantang Newcastle United.

Kepastian satu tempat di partai final Piala Liga Inggris itu didapat United usai menyingkirkan Nottingham Forest di babak semifinal. Tidak tanggung-tanggung, Setan Merah unggul agregat, 5-0, atas Forest. Sukses membungkam Forest, 3-0, di leg pertama, tim besutan Erik ten Hag itu berhasil mencukur Forest, 2-0, di leg kedua, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

 

Dua gol yang dicetak hanya dalam rentang waktu tiga menit membawa United membungkam Forest di laga yang dihelat di Stadion Old Trafford tersebut. Gol Fred pada menit ke-76 menggandakan keunggulan United, yang sebelumnya ditorehkan Antony Martial pada menit ke-73. Marcus Rashford menjadi penyedia assist dalam dua gol United tersebut. 

Buat United, ini menjadi keberhasilan pertama memastikan satu tempat di partai final sebuah turnamen dalam dua musim terakhir. Tampil di partai final Liga Europa musim 2020/2021 menjadi kesempatan terakhir United merumput di laga final. Namun, di laga tersebut, United gagal mengatasi perlawanan Villarreal.

Terlepas dari kegagalan tersebut diikuti dengan performa mengecewakan pada musim lalu, United terbukti mampu menunjukan sinyal kebangkitan pada musim ini. Tampil di partai final Piala Liga Inggris, United pun berpeluang besar mengakhiri puasa gelar raihan juara, yang terentang sejak akhir musim 2016/2017.

Sejumlah catatan statistik pasca laga United kontra Forest pun memperkuat sinyal kebangkitan United. Berikut data dan fakta laga pasca laga tersebut berdasarkan lansiran Sky Sports dan Opta:

 

10 -- Manchester United menempati peringkat kedua dalam daftar tim yang paling sering tampil di partai final Piala Liga Inggris. Final Piala Liga Inggris musim ini menjadi final kesepuluh United di ajang ini. United hanya kalah dari Liverpool, yang telah 13 kali tampil di partai final Piala Liga Inggris.

 

12 -- Dengan kemenangan atas Forest ini, United menajamkan rekor raihan hasil di laga kandang. United tercatat selalu menang dalam 12 laga kandang terakhir di semua ajang. Secara keseluruhan, United mampu mengemas 13 kemenangan dan satu hasil imbang dari 14 laga kandang terakhir di semua ajang.

 

2010/2011 -- Terakhir kali United mencatatkan rekor kemenangan terpanjang secara beruntun di laga kandang dalam satu musim adalah pada musim 2010/2011, tepatnya pada Mei hingga Desember 2017. Kala itu, United meraih 17 kemenangan beruntun di laga kandang. United pun mampu mengakhiri musim 2010/2011 sebagai juara Liga Primer Inggris.

 

16 -- Bersama Newcastle United, Manchester United menjadi kontestan Liga Primer Inggris dengan torehan //clean sheet// terbanyak di semua ajang pada musim ini.

 

9 -- Nottingham Forest menelan kekalahan dalam sembilan bentrokan terakhir dengan United di semua ajang. Dengan torehan ini, United tercatat menjadi tim yang paling sering mengalahkan Forest.

 

2 -- Dengan dua assist saat tampil sebagai pemain pengganti di laga ini, Marcus Rashford telah terlibat secara aktif dalam 25 gol United di semua ajang. Hanya penyerang Manchester City, Erling Haaland, yang memiliki kontribusi gol lebih banyak dibanding Rashford dibanding semua pemain di pentas Liga Primer Inggris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement