Kamis 02 Feb 2023 17:06 WIB

Livescore; Meski Egy Cetak Gol di Laga Debut, Dewa United Gagal Bungkam Madura United

Ini adalah debut Egy Maulana Vikri pascakembali ke Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Egy Maulana Vikri resmi bergabung dengan klub Liga 1 2022/2023, Dewa United FC pada Senin (30/1/2023).
Foto: Doc. Dewa United
Egy Maulana Vikri resmi bergabung dengan klub Liga 1 2022/2023, Dewa United FC pada Senin (30/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Dewa United harus rela berbagi poin dengan tamunya, Madura United, pada pekan ke-22 Liga 1, Kamis (2/2/2023) sore WIB. Meski sempat membuka keunggulan via  rekrutan teranyar, Egy Maulana Vikri, Tangsel Warriors, julukan Dewa United, menutup laga dengan skor imbang, 1-1. 

Egy sukses membuka keunggulan Dewa United pada menit ke-17. Namun, Madura United berhasil menyamakan kedudukan pada lima menit terakhir babak pertama. Kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat Dewa United masih tertahahn di peringkat ke-14 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 23 poin dari 22 laga.

Baca Juga

Tim besutan Jan Olde Riekerink itu tertinggal dua poin dari Persis Solo, yang berada di peringkat ke-13. Dewa United hanya terpaut enam poin dari peringkat ke-16 atau posisi teratas di zona degradasi klasemen sementara Liga 1.

Sementara buat tim tamu, torehan hasil imbang di laga ini menjadi akhir periode buruk tim besutan Fabio Lefundes tersebut. Hasil ini mengakhiri torehan kekalahan beruntun Madura United di tiga laga sebelumnya. 

Tidak hanya itu, raihan poin di markas Dewa United ini juga membawa Madura United memperbaiki posisi di papan klasemen sementara. Laskar Sappe Kerrab menggeser Borneo FC di peringkat keempat papan klasemen sementara dengan keunggulan satu poin. Namun, Borneo FC masih mengantongi dua laga sisa dibanding Madura United, yang telah tampil di 22 partai.

 

 

Jalannya Pertandingan

 

Kedua tim berusaha untuk mengendalikan permainan begitu laga di Stadion Indomilk Arena tersebut dimulai. Pertarungan dan perebutan duel bola pun kerap terjadi di lapangan tengah. Namun, gol pertama di laga ini menjadi milik tim tuan rumah.

Egy, yang langsung dipercaya melakoni debutnya bersama Dewa United, memecahkan kebuntuan pada menit ke-17. Mendapatkan sodoran umpan dari Karim Rossi di depan kotak penalti, pemain yang ditempatkan di sisi kanan penyerang Dewa United langsung merangsek ke dalama kotak penalti Madura United. 

Unggul dalam hal kecepatan saat mengejar bola, Egy langsung menggiring bola dan kemudian melepaskan sepakan kaki kiri. Bola hasil sepakan itu pemain berusia 22 tahun itu bersarang di pojok kanan bawah gawang Madura United tanpa bisa diantisipasi penjaga gawang Miswar Saputra. 

Madura United langsung merespon gol Egy tersebut. Sebuah kemelut terjadi di depan mulut gawang Dewa United berawa dari sepakan Slamet Nurcahyo, yang gagal ditangkap secara sempurna oleh kiper Mohamad Natshir. Esteban Vizcarra sempat menyambar bola rebound tersebut, tapi masih bisa dihalau bek tengah Dewa United, Risto Mitrevski.

Dewa United nyaris menggandakan keunggulan pada pertengahan babak kedua. Namun, bola sepakan Rossi masih melebar di sisi kanan gawang Laskar Sappe Kerrab. Egy kembali menunjukan aksinya via umpan terobosan ke dalam kotak penalti. Kendati begitu, gelandang Dewa United, Rangga Muslim, gagal memaksimalkan umpan tersebut.

Dengan mengandalkan kecepatan dan kemampuan teknik mumpuni, Egy terlihat menjadi andalan Dewa United untuk membongkar pertahanan United, terutama dari sayap kanan. Begitu pula dengan penetrasi yang dilakukan Egy ke tengah lapangan. Secara umum, dari lima sepakan yang dilepaskan Dewa United, tiga tembakan tepat mengarah ke gawang.

Kendati begitu, Madura United berhasil menyamakan kedudukan saat babak pertama tinggal menyisakan lima menit. Wasit memberikan hadiah penalti buat Laskar Sappe Kerrab usai Asep Berlian kedapatan melakukan handball. Hugo Gomes mampu dengan apik mengeksekusi tendangan penalti tersebut.

Pemain yang biasa disapa Jaja tersebut mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang tim tuan rumah. Meski berhasil menebak arah sepakan Jaja, Natshir gagal menjangkau bola. Skor imbang, 1-1, akhirnya tetap bertahan hingga babak pertama usai

Perubahan komposisi pemain dilakukan dua pelatih dari masing-masing tim pada jeda antar babak. Sementara pelatih Madura United, Fabio Lefundes, memustuskan mengganti Malik Risaldi dengan Kwabena Appiah, pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, memasukan Brian Fatari untuk menggantikan Achmad Faris Ardiansyah.

Kendati begitu, perubahan ini tidak memberikan dampak signifikan buat performa kedua tim pada babak kedua. Kedua tim pun terus bersaing untuk bisa mengendalikan permainan. Hingga pertengahan babak kedua, Dewa United hanya mencatatkan keunggulan tipis dalam hal penguasaan bola atas Laska Sappe Kerrab.

Madura United mendapatkan peluang emas via kesempatan tendangan bebas di depan kotak penalti, yang dieksekusi oleh Jaja. Namun, bola sepakan Jaja, yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Dewa United, masih mampu dihalau oleh Natshir. 

Di sisi lain, debut Egy bersama Dewa United berakhir pada menit ke-69. Ramai Rumakiek masuk menggantikan mantan penyerang FK Senica tersebut. Mampu menyumbang satu gol di laga ini, Egy terbilang melakoni debut yang manis dalam kiprahnya bersama Dewa United dan di pentas Liga 1.

Madura United nyaris berbalik unggul pada menit ke-80. Bayu Gatra, yang melakukan tusukan dari sisi kanan pertahanan Dewa United, melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Bola sempat membentur mistar gawang sebelum akhirnya mengarah ke luar dan bisa langsung dihalau salah satu bek tengah Dewa United. Akhirnya, hingga babak kedua usai digelar, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

 

Susunan Pemain

 

Dewa United (4-2-3-1)

M.Natshir (PG); Angga, Mitrevski, Faris, Saputra; Berlian, Kurniawan; Muslim, Osman, Maulana; Rossi

Pelatih: Jan Olde Riekerink

 

Madura United (4-3-3)

Saputra (PG); Sasongko, Raditya, Cleberson, Djin; Vizcarra, Jaja, Nurcahyo; Bawuo, Hidayat, Risaldi 

Pelatih: Fabio Lefundes

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement