Kamis 02 Feb 2023 21:29 WIB

Pesan Aji Santoso untuk Marselino Ferdinan yang akan Berkarier di Eropa

Marselino akan memperkuat KMSK Deinze di Divisi Dua Liga Belgia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Marselino Ferdinan mengontrol bola saat memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Marselino Ferdinan mengontrol bola saat memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memberikan pesan khusus kepada Marselino Ferdinan yang akan melanjutkan karier sepak bolanya di Eropa. Marselino Ferdinan telah menandatangani kontrak selama 1,5 musim bersama klub kasta kedua Belgia, KMSK Deinze pada Rabu (1/2/2023). Aji memperingatkan Marselino bahwa berkarier di Eropa tidak akan mudah.

"Berkarier di Eropa itu tdk gampang, karena persaingannya sangat ketat. Level persaingan dan sepak bolanya pun sangat tinggi, meskipun Marsel main di kasta kedua," kata Aji menjelang pertandingan melawan Borneo FC, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga

Aji mengaku telah berkomunikasi dengan agen Marselino, dan mendapatkan informasi bahwa KMSK Deinze mempunyai target untuk lolos promosi ke liga divisi utama. Saat ini, Dainze duduk di peringkat kedelapan klasemen sementara Divisi 2 Belgia dengan koleksi 27 poin. Mereka tertinggal 13 poin dari RWD Molenbeek yang duduk di puncak klasemen sementara. 

"Jadi Marsel harus bisa mandiri, tidak boleh down tidak boleh homesick. Displin harus profesional mengatur diri dan tampil bagus. Semoga bisa jadi kebanggaan Surabaya secara khusus dan Indonesia secara umum. Saya juga bangga bisa sedikit membantu mengantarkan Marsel bisa berkarier di Eropa," ujarnya menambahkan. 

Ia juga memastikan akan memberikan dukungan yang sama kepada pemainnya yang ingin berkarier di luar negeri. Namun, dia menyarankan agar pemain juga tidak hanya sembarang bermain di luar negeri. Ada standar yang harus dipenuhi oleh pemain. "Menurut saya jangan kalau hanya bermain di Asia Tenggara. Namun kalau ke Jepang, Eropa, Korea mungkin kami akan memberi kesempatan itu," kata Aji.

Jika untuk di Asia Tenggara, Aji merasa Indonesia tidak kalah dari negara-negara tetangga. Secara finansial juga menurut dia tidak kalah. 

"Jadi kalau hanya Asia Tenggara mendingan di Indonesia saja. Toh, Persebaya juga tim yang cukup bagus, organisasi yang cukup bagus. Jadi menurut saya akan lebih bagus tetep di Persebaya kalau hanya di Asia Tenggara," ujarnya menegaskan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement