Senin 06 Feb 2023 12:31 WIB

Unik, Wasit Keluarkan Kartu Putih di Pertandingan Liga Portugal, Apa Maksudnya?

Aksi wasit tersebut justru mengundang tepuk tangan riuh dari semua penjuru stadion.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi wasit di pertandingan sepak bola. Wasti Liga Portugal mengeluarkan kartu putih di sebuah pertandingan.
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Ilustrasi wasit di pertandingan sepak bola. Wasti Liga Portugal mengeluarkan kartu putih di sebuah pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Sejarah di atas lapangan sepak bola kembali tercipta pada pertandingan antara Benfica versus Sporting Lisbon. Pada laga tersebut wasit untuk kali pertama melayangkan kartu putih.

Kartu putih pertama yang diperlihatkan dalam pertandingan final Piala Wanita Portugal Benfica kontra Sporting Lisbon pada 22 Januari 2023. Uniknya hal tersebut menerima sambutan meriah dari para penonton di stadion.

Baca Juga

Sebagaimana terlihat dari cuplikan video dilansir Mirror, beberapa waktu lalu, wasit Catarina Campos menandai momen bersejarah dengan mengeluarkan kartu putih di dunia olahraga sepak bola.

Tak memiliki pandangan dasar tentang apa arti kartu putih yang dikeluarkan oleh Catarina Campos. Para pemain dari kedua belah tim terlihat bingung saat ia melayangkan kartu putih ke udara.

Secara konservatif, kartu dalam sepak bola hanya ditampilkan dengan warna kuning dan merah, digunakan sebagai bentuk hukuman bagi pelanggaran sportifitas.

Justru hal yang berbeda diterapkan dalam kartu putih. Sebab, kartu tersebut diaplikasikan untuk mengapresiasi sikap sportivitas yang ditunjukkan selama pertandingan oleh salah satu pemain pun staf yang terlibat di dalam tim.

Berdurasi sekitar 49 detik wasit wanita Catarina Campos memberikan kartu putih kepada staf medis dari kedua tim yang dengan sigap memberikan pertolongan kepada penonton yang mengalami cedera.

Momen itu terjadi tepat sebelum babak pertama berakhir, di mana Benfica telah unggul 3-0 atas Sporting Lisbon. Pada perpanjangan waktu seorang penonton tampak memerlukan bantuan medis ketika berada di Estadio da Luz.

Alhasil, para penonton yang melihat aksi tim medis kedua tim langsung memberikan tepuk tangan atas kinerja positif mereka.

Namun, sejauh ini kartu putih hanya digunakan di Portugal yang berarti perlu waktu sebelum para penggemar melihatnya di kompetisi-kompetisi elit seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol atau Serie A Italia.

Keberadaan pun kegunaan kartu putih bagi sebagian orang dinilai tidak memberi keuntungan secara nyata kepada klub atau pemain. Selain itu tidak terlalu signifikan dalam keberlangsungan pertandingan di atas lapangan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement