Rabu 08 Feb 2023 20:13 WIB

Geser Kareem Abdul-Jabar, LeBron James Pecahkan Rekor NBA yang Bertahan 39 Tahun

Dalam hal rata-rata poin per pertandingan, Lebron James mengungguli Abdul-Jabar..

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang klub bola basket NBA, LA Lakers, LeBron James.
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
Bintang klub bola basket NBA, LA Lakers, LeBron James.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bintang Los Angeles (LA) Lakers, LeBron James, menorehkan tinta emas di buku sejarah salah satu kompetisi bola basket paling bergengsi sejagat, National Basketball Association (NBA). Pebasket berusia 38 tahun itu resmi menjadi pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah NBA.

James memecahkan rekor tersebut usai mencetak dua angka pada pengujung kuarter ketiga saat LA Lakers menjamu Oklahoma City Thunder di Crypto Arena, Los Angeles, dalam laga lanjutan NBA, Selasa (7/2/2023) waktu setempat. Sayangnya, LA Lakers harus mengakui keunggulan Oklahoma City Thunder, 130-133, di laga tersebut.

Baca Juga

Kendati begitu, laga itu menjadi bersejarah buat King James, julukan LeBron James. Dengan tembakan dua angka pada pengujung kuarter ketiga, James secara resmi menjadi pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah NBA.

James akhirnya mencetak dua poin tambahan di laga tersebut. Pengoleksi empat cincin juara NBA itu tercatat mencetak 38 poin dalam laga tersebut. Secara keseluruhan, James telah mencetak 38.388 poin sejak mulai berkiprah di pentas NBA pada 2003 silam.

Dengan torehan ini, James menggeser Kareem Abdul-Jabar sebagai pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA, rekor yang digenggam Abdul-Jabar selama 39 tahun. Abdul-Jabar tercatat telah mengemas 38.390 poin. Rekor ini dicetak Abdul-Jabar pada April 1984 silam, tepatnya saat masih memperkuat LA Lakers.

''Untuk bisa berada dan menempati posisi legenda olahraga ini, seperti Kareem, memiliki makna besar buat saya. Tentu saja, saya ingin berterima kasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam karier saya sepanjang 20 tahun lebih,'' kata James seperti dikutip BBC, Rabu (8/2/2023).

Berdasarkan catatan BBC, James memiliki torehan yang lebih impresif ketimbang Abdul-Jabar, terutama dalam hal rata-rata poin per pertandingan. James mampu mengemas 38.390 poin dari 1.410 pertandingan dengan jumlah menit bermain sebanyak 53.741 menit. Dengan begitu, James mencatatkan rataan 27,2 poin per laga.

Sementara Abdul-Jabbar mencatatkan rataan 24,6 poin per pertandingan. Abdul-Jabbar, yang pensiun sebagai pebasket profesional pada 1989, mencatatkan 38.387 poin dari 1.560 pertandingan dengan menit bermain mencapai 57.446 menit.

Namun, untuk rataan poin per pertandingan, James kalah bersaing dengan dua legenda NBA lain, Michael Jordan dan Wilt Chamberlain. Jordan dan Chamberlain tercatat menorehkan rataan 30,1 poin per pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement