Rabu 08 Feb 2023 23:09 WIB

MotoGP Bersiap untuk Tes Pramusim di Sepang

Sebanyak 22 pembalap akan mempersiapkan tunggangan mereka untuk MotoGP 2023.

Pembalap MotoGP dari tim Ducati, Francesco Bagnaia.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap MotoGP dari tim Ducati, Francesco Bagnaia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang start kompetisi yang tinggal menghitung hari, sebanyak 22 pembalap MotoGP akan mengaspal untuk pertama kalinya pada tahun ini. Mereka mempersiapkan dan mengembangkan tunggangan mereka pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, mulai Jumat (10/2/2023).

Lima pabrikan akan menguji inovasi motor dan mesin mereka selama tiga hari, 10-12 Februari, di tes ofisial MotoGP di Sirkuit Malaysia tersebut. Sesi tes pramusim tersebut tidak disiarkan langsung, tapi catatan waktu dapat dipantau melalui Live Timing motogp.com.

Baca Juga

Sebelumnya, dari 5-7 Februari, para test rider dan rookie dari lima pabrikan telah merampungkan sesi shakedown di Sepang.

Tim juara dunia Ducati kembali menebar ancaman. Ini setelah test rider mereka Michele Pirro mencatatkan waktu tercepat 1 menit 59,803 detik pada hari ketiga ketika menguji paket aero baru untuk motor GP23, demikian laman resmi MotoGP.

Ducati menguji fairing samping dengan ground-effect yang diperbarui yang mereka pamerkan sebelumnya di tes Valencia. Namun kali ini ukurannya lebih besar dengan detail yang lebih rumit. 

Sedangkan Yamaha mengejar top speed untuk YZR-M1 Fabio Quartararo. Test rider pabrikan Iwata Cal Crutchlow mampu melesat dengan kecepatan 335kpj, lima angka lebih tinggi dari catatan terbaik Quartararo pada Grand Prix Malaysia tahun lalu atau delapan angka lebih baik dari kecepatan tertinggi Yamaha pada tes Sepang 2022. Ini sebuah catatan positif dalam pengembangan mesin baru 2023 mereka.

KTM menugasi Dani Pedrosa untuk menguji paket aero yang sedikit berbeda dari tahun lalu, yaitu tanpa gerigi "gigi hiu" yang ada di bagian samping.

Perubahan terbesar yang terlihat dari motor RC16 adalah fairing samping yang lebih besar untuk mendapatkan ground-effect. Tim Aprilia juga menguji fairing depan baru pada hari terakhir tes shakedown.

Sementara test rider Honda Stefan Bradl mencoba membandingkan sejumlah paket aero yang berbeda untuk motor RC213V. Pembalap Jerman itu menguji bagaimana laju motornya dengan dan tanpa sayap stegosaurus di bagian ekor.

Setelah rampung tes di Sepang, para pembalap dan tim memiliki kesempatan terakhir menguji motor mereka pada tes pramusim di Portimao pada 11 Maret sebelum sirkuit Portugal itu menjadi tuan rumah balapan pembuka musim pada 27 Maret.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement