Jumat 10 Feb 2023 05:19 WIB

Menpora Usulkan Undang Timnas Argentina dan Portugal di Mini Tournament U-20

Argentina dan Portugal sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara hitung mundur 100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/2/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara hitung mundur 100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengusulkan agar turnamen mini (mini tournament) internasional U-20 di Indonesia juga diikuti negara kuat seperti Argentina dan Portugal. Timnas Indonesia U-20 sudah memastikan berpartisipasi di sana.

"Kita ambil sekalian timnas yang kuat agar anak-anak timnas U-20 (Indonesia) bisa mendapatkan atmosfer bagus," ujar Menpora di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Menurut Zainudin, Argentina dan Portugal berpeluang untuk diajak berpartisipasi pada kompetisi yang rencananya digelar pada 17, 19, dan 22 Februari 2023 itu. Alasannya, timnas U-20 Argentina dan Portugal sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Andai Argentina dan Portugal terlibat di turnamen mini tersebut, Menpora menilai hal itu bagus untuk persiapan Indonesia menuju Piala Asia U-20 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. "Mudah-mudahan, dengan lawan yang bagus, performa timnas kita semakin meningkat," kata Zainudin.

Menanggapi gagasan Menpora itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut bahwa kemungkinan untuk mengundang Argentina dan Portugal ke turnamen mini masih terbuka. Yang jelas, Indra menegaskan, sampai Kamis (9/2/2023), baru ada tiga negara selain Indonesia yang menjadi peserta turnamen tersebut, yaitu Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

Adapun tiga negara tersebut, sama seperti Indonesia, sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023. "Untuk Fiji, dipastikan datang tanggal 16 Februari 2023. Akan tetapi, untuk lokasi pertandingannya di Indonesia, saya belum bisa mengetahuinya," kata Indra Sjafri.

Pria asal Sumatra Barat itu menambahkan, pelatih timnas U-20 Indonesia Shin berharap semua atau 30 pemain sudah berada di Jakarta ketika turnamen mini itu bergulir. Hal itu lantaran, sampai Kamis sore, baru ada 21 pemain yang mengikuti TC, yang dimulai 1 Februari 2023, di Jakarta. Sebanyak sembilan pemain lain masih membela klub masing-masing.

Cahya Supriadi, Alfriyanto Nico, Muhammad Ferarri, dan Dony Pamungkas belum dilepas Persija. Selain mereka, tiga pemain Persib yaitu Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah Cecep Surya juga belum hadir.Dua nama lain yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pun absen lantaran berada di luar negeri.

Marselino beraktivitas bersama klub barunya di Liga 2 Belgia KMSK Deinze dan Ronaldo di Turki untuk mengupayakan kelanjutan karier di salah satu klub negara tersebut. "Kalau tidak lengkap, untuk apa kami membuat turnamen ini," jelas Indra.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement