Sabtu 11 Feb 2023 19:09 WIB

Bundesliga Kepincut Antusiasme Suporter Indonesia

Kevin melihat Indonesia sebagai pasar yang besar untuk mempromosikan Bundesliga.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi
Mantan kiper Borussia Dortmund Roman Weidenfeller saat meresmikan lapangan bola Bundesliga Common Ground di RPTRA Bhinneka, Pesanggrahan, Jakarta, Sabtu (11/2/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mantan kiper Borussia Dortmund Roman Weidenfeller saat meresmikan lapangan bola Bundesliga Common Ground di RPTRA Bhinneka, Pesanggrahan, Jakarta, Sabtu (11/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bundesliga Common Ground pertama di Asia dibuka di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhinneka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/2/2023). Head of Bundesliga Asia-Pasific, Kevin Sim, beralasan karena Indonesia merupakan pangsa pasar besar dimana masyarakatnya sangat menggilai olahraga sepakbola.

“Ini sangat project yang sangat penting,” kata Kevin dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh legenda Borussia Dortmund dan timnas Jerman, Roman Weidenfeller.

Kevin Sim menjelaskan Common Ground tersebut merupakan yang pertama di Asia. Ia melihat Indonesia sebagai pasar yang besar untuk mempromosikan Bundesliga mengingat negara ini sebagai negara besar dan sangat menggilai olahraga sepakbola.

Kevin mengaku sedikit banyak mengetahui tentang antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepakbola. Maka dari itu, Common Ground berharap anak-anak bisa bermain sepakbola dengan aman. Karena ia melihat banyak dari mereka yang bermain olahraga si kulit bundar ini di jalan-jalan.

Ia juga ingin nantinya di Bundesliga tidak hanya oleh pemain Asia yang berasal dari Jepang namun juga dari negara lain di Asia. Menurutnya, negara Asia sangat bersahabat untuk kompetisi di Bundesliga.

Roman Weidenfeller senang bisa datang kembali ke Indonesia untuk kedua kalinya dan saat ini mengikuti pembukaan Common Ground pertama di Asia. Ia mengatakan Indonesia merupakan negara yang bagus dan juga sangat mencintai sepakbola. Ia mengungkapkan cukup mengenal beberapa pemain Asia yang bermain di Bundesliga seperti Shinji Kagawa.

“Saya berharap ada yang lain pemain Asia selanjutnya,” katanya.

Di acara peresmian digelar juga turnamen remaja dan pertandingan futsal antara tim Roman yang diperkuat oleh Ponaryo Astaman, Augie Fantinus serta tiga pemain lain. Adapun lawannya yakni tim yang dipimpin oleh Firman Utina dengan rekan Rico Ceper dan tiga pemain lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement