Ahad 12 Feb 2023 21:03 WIB

Xavi Sebut De Jong Berada dalam Performa Terbaik dan tak akan Dijual Barca

Xavi mengeklaim bahwa De Jong sedang dalam performa terbaiknya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong.
Foto: AP/Joan Monfort
Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memuji penampilan Frenkie de Jong baru-baru ini mengeklaim bahwa gelandang tersebut dalam performa terbaiknya sejak kedatangannya sebagai pelatih kepala. Pemain berusia 25 tahun itu berjuang untuk mendapatkan start reguler di tahap awal musim 2022/2023, sebab itu ia banyak dikaitkan dengan kepindahan dari Camp Nou selama jendela transfer musim panas.

Namun, pemain internasional Belanda itu telah mengambil peran penting dalam beberapa bulan terakhir. Ia telah menjadi pemain reguler musim ini, tampil dalam 25 kesempatan, menyumbangkan dua gol, dan satu assist dalam prosesnya.

Baca Juga

Berbicara menjelang pertandingan melawan Villarreal, Xavi mengeklaim bahwa sang gelandang sedang dalam performa terbaiknya sejak pelatih berusia 43 tahun itu mengambil alih pada November 2021.

"Kami melihat Frenkie terbaik sejak saya dan staf saya tiba di sini di Barcelona," kata Xavi kepada wartawan dikutip dari Sportsmole, Ahad (12/2/2023). "De Jong melakukan serangan dan pertahanan yang hebat, ia memiliki kepercayaan diri yang luar biasa dan kami senang dengannya."

Ada lagi spekulasi seputar masa depan De Jong dalam beberapa pekan terakhir. Manchester United masih dianggap tertarik pada gelandang tersebut, setelah menghabiskan sebagian besar musim panas lalu untuk mengejarnya.

Barcelona akan berada di bawah tekanan untuk melakukan penjualan besar-besaran di pasar yang akan datang, sementara tim Katalan itu masih berkutat dengan masalah keuangan. Namun, Xavi tampaknya menyebut pemain asal Belanda itu tidak akan meninggalkan klub karena kepentingannya.

Berbagai laporan mengeklaim bahwa De Jong ditempatkan pada daftar transfer musim panas lalu. Barcelona sangat ingin meringankan masalah keuangan klub dengan penjualan besar-besaran. Namun, presiden klub Joan Laporta baru-baru ini menegaskan bahwa ia tidak pernah ingin menjual sang gelandang.

"Saya tidak pernah ingin menjual Frenkie de Jong karena dia adalah salah satu andalan yang kami miliki, ia adalah salah satu talenta hebat, muda, dan dipanggil untuk menjadi salah satu pemimpin tim," kata Laporta kepada BarcaTV.

Sementara itu, De Jong juga baru-baru ini mengatakan dirinya ingin bertahan di Camp Nou untuk waktu yang lama.

"Saya tidak peduli dengan rumor tentang apakah saya akan pergi ke klub lain atau bertahan di sini," kata De Jong menjelaskan. "Kami belum membicarakannya dan tidak ada seorang pun dari klub yang memberi tahu saya apa pun. Saya tidak berpikir itu akan terjadi."

De Jong pindah ke Barcelona dari Ajax pada Juli 2019. Ia telah mewakili tim Katalan itu dalam 165 kesempatan di semua kompetisi, menyumbang 15 gol dan 19 assist dalam prosesnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement