Selasa 14 Feb 2023 18:37 WIB

Bintang Muda Barcelona Ini Mengaku tak Suka Ketenaran

Balde mencoba melakukan kegiatan seperti biasa saat beraktivitas di luar sepak bola.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Alejandro Balde Martinez (kiri), pemain muda Barcelona saat berlari dengan bola.
Foto: AP/Joan Monfort
Alejandro Balde Martinez (kiri), pemain muda Barcelona saat berlari dengan bola.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Alejandro Balde Martinez menjadi salah satu bintang muda Barcelona saat ini. Usianya baru menyentuh angka 19 tahun.

Balde sudah menjadi pilihan utama Barca di posisi bek kiri. Di area tersebut ada Jordi Alba dan Marcos Alonso. Sang wonderkid melewati para seniornya.

Baca Juga

Sejatinya Balde sudah menonjol sejak di akademi La Masia. Itulah mengapa ia dipromosikan ke tim senior pada musim panas tahun lalu. Awalnya sang bek akan dikirim ke Barcelona B terlebih dahulu.

Semuanya berubah sejak pramusim. Sosok bernomor punggung 22 ini mencuri perhatian pelatih Xavi Hernandez. Sejak saat itu, Balde tak pernah lagi menoleh ke belakang.

Keberuntungan terus menaunginya. Sebelum Piala Dunia 2022 bergulir, Jose Gaya mengalami cedera. Alhasil sang wonderkid dipanggil pelatih Luis Enrique, menggantikan Gaya di tim nasional Spanyol.

Berjalannya waktu, Balde semakin dikenal. Ia memasuki tahapan baru dalam hidupnya. Ia bukan lagi pemain muda yang jarang disorot kamera.

Balde mencoba melakukan kegiatan seperti biasa ketika beraktivitas di luar sepak bola. Namun ia sudah telanjur dikenal banyak orang. Terutama ketika ia berada di ruang publik.

"Saya tidak suka banyak dikenali di jalan. Sungguh, karena mungkin pada hari tertentu, ada saat-saat Anda ingin tenang. Tapi ya, itu hal-hal yang harus Anda lalui," kata Balde dikutip dari Football Espana, Selasa (14/2/2023).

Pewawancara mencoba mengarahkan pemikiran sang bek ke sisi lain. Bukankah keadaan demikian merupakan sebuah keuntungan? Ketenaran bisa menjadi keistimewaan tersendiri bagi pesepak bola profesional.

"Ya, tapi saya tidak menyukainya," ujar Balde.

Barca akan menghadapi Manchester United pada leg pertama play-off memperebutkan babak 16 besar Liga Europa. Duel tersebut berlangsung di Stadion Camp Nou, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement