Senin 13 Feb 2023 04:58 WIB

Livescore; Barcelona Petik Poin Penuh di Markas Villarreal, Makin Kokoh di Puncak Klasemen

Gol semata wayang Barcelona lahir lewat aksi Pedri.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang serang Barcelona, Raphinha (kiri) berduel dengan pemain Villarreal, Alex Baena, saat kedua tim berhadapan pada lanjutan La Liga Spanyol 2022/2023, Senin (13/2/2023).
Foto: EPA-EFE/Manuel Bruque
Gelandang serang Barcelona, Raphinha (kiri) berduel dengan pemain Villarreal, Alex Baena, saat kedua tim berhadapan pada lanjutan La Liga Spanyol 2022/2023, Senin (13/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, VILLARREAL -- Barcelona kian jauh meninggalkan Real Madrid di puncak klasemen La Liga usai menang 1-0 atas Villarreal pada pekan ke-21 La Liga, di Stadion De La Ceramica, Villarreal, Senin (13/2/2023) dini hari WIB. Kemenangan tersebut menjadikan mereka kini unggul 11 poin atas Madrid di posisi kedua.

Robert Lewandowski mencatatkan peluang pertamanya pada menit ketiga ketika tembakannya masih bisa digagalkan. Bersama Pedri, Lewandowski menjadi ancaman pertahanan Villarreal. Dan keduanya menjadi aktor keunggulan Barcelona 1-0 pada menit ke-18 ketika Lewandowski memberikan umpan terobosan kepada Pedri untuk mencetak gol dengan tembakan kaki kanannya.

Baca Juga

Villarreal berekasi dengan langsung meningkatkan tekanan. Satu menit berselang setelah gol Pedri, mereka mendapatkan peluang lewat percobaan Jose Morales meskipun masih gagal. Barcelona bermain dengan ciri khasnya umpan pendek dan penguasaan bola.

Frenkie de Jong yang menjadi pengatur permainan dari lini tengah beberapa kali umpannya memanjakan para penyerangnya. Pada menit ke-26, umpan terobosannya disambut baik oleh Lewandowski namun tembakannya masih gagal menjebol gawang Villarreal.

Dan dua menit berselang, Villarreal menciptakan peluang berbahaya ketika tembakan Francis Coquelin diblok. Pemain ini kemudian harus diganti lebih cepat karena cedera pada menit ke-36 dan digantikan oleh Samuel Chukwueze.

Tuan rumah terus berusaha mencari celah menjebol gawang Blaugrana dari berbagai sisi. Kombinasi serangan dari sisi sayap maupun situasi bola mati belum mampu menyamakan kedudukan hingga babak pertama usai.

Tak ada pergantian pemain yang dilakukan oleh kedua tim ketika babak kedua dimulai. Villarreal mendapatkan peluang emas pertama usai turun minum pada menit ke-47 lewat percobaan tembakan Alberton Moreno namun gagal. Pada menit ke-52, Moreno memberikan umpan silang yang disambut oleh Yeremy Pino tetapi tembakannya mampu diblok.

Villarreal terus berupaya menyamakan kedudukan. Pino bermain lebih agresif di babak kedua sehingga menghasilkan sejumlah peluang penting. Sementara Barcelona kesulitan membobol gawang Villarreal untuk kedua kalinya karena pertahanan tuan rumah yang disiplin.

Hingga menit ke-75 tak ada pergantian pemain dari kedua tim. Mereka baru melakukan pergantian ketika waktu memasuki menit 80 ke atas. Namun pergantian tersebut tak mengubah skor 1-0 untuk kemenangan Barcelona hingga laga berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement