Rabu 15 Feb 2023 16:45 WIB

Atlet-Atlet Silakan Bersiap, KONI Mataram Sediakan Bonus Rp 4 Miliar

KONI Kota Mataram juga telah memberikan berbagai kewajibannya.

Medali emas simbol atlet berprestasi. Ilustrasi
Foto: mccarthyford.co
Medali emas simbol atlet berprestasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Mataram, telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk bonus atlet yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 18-26 Februari 2023.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mataram Firadz Pariska di Mataram, Rabu, mengatakan, anggaran yang siapkan untuk bonus atlet tersebut juga merupakan bonus bagi para pelatih.

Baca Juga

"Semua atlet yang akan mendapat medali akan kita kasih bonus. Besarannya Rp10 juta untuk peraih medali emas, Rp5 juta medali perak, dan Rp3 juta bagi peraih medali perunggu," katanya, Rabu (15/2/2023). 

Sementara bonus pelatih akan diberikan sebesar 50 persen dari bonus atlet peraih medali. Artinya, jika satu pelatih melatih tiga atlet dan ketiganya meraih medali maka pelatih berhak mendapat bonus 50 persen dari masing-masing atlet peraih medali.

"Kita lakukan seperti itu sebagai motivasi bagi para pelatih. Apalagi hasil riset yang kita lakukan menyebutkan 50 persen dari keberhasilan seorang atlet disumbangkan oleh pelatih," katanya.

Menurutnya, bonus yang diberikan bagi atlet Porprov tahun ini meningkat dibandingkan bonus tahun sebelumnya yakni Rp5 juta untuk atlet peraih medali emas.

"Bonus kita naikkan untuk memotivasi atlet, karena tantangan, pesaing kita juga semakin berat dan banyak daerah yang ingin merebut juara umum dari Kota Mataram," katanya.

Selain telah menyiapkan bonus atlet, lanjutnya, KONI Kota Mataram juga telah memberikan berbagai kewajibannya terhadap para atlet dan pelatih sebelum bertanding.

Kewajiban yang dimaksudkan itu antara lain, honorarium atlet Januari-Februari 2023, uang peralatan, dan bantuan cabang olahraga sudah diberikan. Sedangkan uang saku atlet akan diberikan saat pelepasan Rabu malam (15/2-2023).

"Untuk uang saku kita berikan nanti malam saat pelepasan. Dengan demikian, para atlet tinggal konsentrasi untuk bertanding," katanya.

Lebih jauh Firadz menyebutkan, jumlah atlet Kota Mataram yang akan ikut bertanding dalam Porprov XI sebanyak 615 orang, dengan target medali emas sebanyak 125 medali dari 33 cabang olahraga yang diikuti.

"Kegiatan pembukaan Porprov NTB akan digelar di Taman Sangkareang pada Sabtu malam (18/2-2023), dengan menyuguhkan berbagai atraksi hiburan bagi atlet dan masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement