Kamis 16 Feb 2023 07:55 WIB

Potter Tetap Yakin Chelsea Bisa Lewati Adangan Dortmund di Liga Champions

Chelsea butuh kemenangan dengan selisih dua gol atas Dortmund pada leg kedua.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Chelsea Graham Potter
Foto: AP/Alastair Grant
Pelatih kepala Chelsea Graham Potter

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea dipaksa mengakui keunggulan Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB. Dortmund menekuk Chelsea 1-0 di Signal Iduna Park, Dortmund, via gol Karim Adeyemi.

Satu-satunya gol pada laga itu berawal dari sebuah serangan balik cepat. Setelah berhasil mematahkan kesempatan The Blues via sepak pojok, Die Borussen langsung melancarkan serangan balik. Adeyemi yang mendapatkan bola dari Raphael Guerreiro langsung merangsek ke kotak pertahanan The Blues.

Baca Juga

Usai melewati penjagaan Enzo Fernandez, Adeyemi mengecoh penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga, sebelum akhirnya mengarahkan bola ke gawang yang kosong. Gol pada menit ke-63 itu menjadi penentu kemenangan Dortmund.

The Blues bukan tanpa peluang untuk bisa mencetak gol. Pada pengujung babak pertama, Chelsea mendapatkan peluang emas via sepakan Joao Felix. Namun, bola sepakan pemain pinjaman dari Atletico Madrid itu membentur mistar gawang. Juga upaya Kalidou Koulibaly yang nyaris melewati garis gawang sebelum dihalau oleh Emre Can.

Selain itu, Enzo Fernandez juga sempat nyaris mencetak gol pertamanya buat The Blues. Namun, kiper Dortmund Gregor Kobel mampu menepis bola sepakan Fernandez, yang mengarah ke pojok kiri atas gawang tim tuan rumah pada injury time laga. Skor 1-0 akhirnya tetap bertahan hingga laga usai.

Pelatih Chelsea Graham Potter menilai, anak-anak asuhnya telah menampilkan upaya maksimal untuk bisa memetik kemenangan pada laga ini. Terus mendominasi permainan, terutama pada babak kedua, tim asal London Barat itu tetap menemui kegagalan dalam menyelesaikan serangan.

Potter pun tidak menampik soal periode buruk yang tengah dialami tim besutannya. Dengan hasil ini, Chelsea tercatat tidak pernah menang di empat laga terakhir di semua ajang dengan torehan tiga hasil imbang dan satu kali kalah.

"Penampilan kami di laga ini sebenarnya sudah cukup baik, Kami bisa menciptakan banyak peluang. Kekecewaan terbesar saya tentu pada proses terjadinya gol mereka. Namun, masih banyak hal positif di laga ini. Para pemain telah bekerja dengan maksimal, tapi kami masih belum mengalami kesulitan,'' kata Potter seperti dikutip laman resmi UEFA, Kamis (16/2/2023).

Potter masih cukup yakin untuk bisa membawa The Blues lolos ke babak perempat final Liga Champions. Rencananya, Chelsea akan melakoni laga leg kedua dengan melawat ke markas Dortmund, Stadion Signal Iduna Park, pada Rabu (8/3/2023) dini hari WIB.

''Kami terbukti mampu tampil dominan pada laga ini, terutama pada babak kedua. Ini baru hasil di leg pertama. Kami masih memiliki waktu untuk bisa bangkit, Kami harus bisa kembali mempersiapkan diri dengan baik (di leg kedua),'' kata pelatih asal Inggris tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement